Manfaat Ajak Si Kecil Yang Masih Bayi Berbicara

Omilove pasti sudah akrab dengan kegiatan mengajak bicara Si Kecil bahkan sejak dalam kandungan? Meski Si Kecil belum bisa mengerti, namun mengajak bayi berbicara punya banyak manfaat.

Kira-kira apa aja yaa manfaatnya?

Manfaat mengajak Si Kecil berbicara

  • Membuat Si Kecil lebih pintar

Si Kecil yang pintar pasti jadi dambaan Omilove. Kalau iya, ada baiknya buat Omilove rajin ajak Si Kecil bicara bahkan sejak usia dini. Karena sebuah penelitian menunjukkan anak yang sering diajak bicara oleh orangtuanya mulai dari usia bayi akan tumbuh menjadi lebih pintar. Selain itu, ada pula 3 poin penting dari hasil penelitian yakni:

  • Semakin sering bicara maka akan semakin meningkat kemampuan bahasa dan IQ Si Kecil nantinya
  • Makin banyak kata-kata yang Si Kecil dengar sejak lahir hingga usia 3 tahun maka makin menentukan kesuksesan akademis saat ia berusia 9-10 tahun
  • Orangtua yang memiliki anak dengan kemampuan akademis baik biasanya lebih sering mengajak Si Kecil berbicara.

Berarti sudah terbukti secara sains dari penelitian-penelitian tersebut bahwa mengajak bayi berbicara memang baik buat kemampuan berbahasa dan kecerdasan Si Kecil ya!

  • Membantu Si Kecil cepat bicara

Kata-kata pertama Si Kecil jelas ditunggu Omilove di masa tumbuh kembangnya. Saatnya Omilove rajin mengajak Si Kecil berbicara nih. Karena sering mengajak bayi berbicara juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasanya. Si Kecil akan tahu lebih banyak kosakata. Ia juga akan memerhatikan dan mendekarkan perkataan yang Omilove sering ucapkan. Si Kecil pun akan terdorong mencoba mengucapkan kata-kata tersebut.

  • Meningkatkan kemampuan berbahasanya

Seperti yang telah kita tahu dari bahasan di atas, Si Kecil yang mendengar lebih banyak kata saat masih bayi cenderung menggunakan kata-kata tersebut saat ia berusia 3 tahun. Si Kecil yang masih bayi apabila sering Omilove ajak bicara akan memiliki kemampuan membaca lebih baik nantinya dibandingkan dengan bayi yang jarang diajak berbicara.

  • Meningkatkan bonding

Bonding atau ikatan antara orangtua dan Si Kecil tentunya bermanfaat buat mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil. Dengan Omilove rajin mengajak bayi berbicara, maka akan terjalin ikatan istimewa antara orangtua dan anak. Bila Omilove harus bekerja, ingat untuk menyempatkan waktu mengobrol dengan Si Kecil. Ia akan merasa Omilove mencintai mereka, memperhatikan mereka, dan saat ia besar nanti juga akan lebih terbuka dengan orangtuanya.

  • Mencegah Si Kecil rewel

Mungkin belum banyak Omilove yang tahu kalau mengajak bayi berbicara akan mencegahnya rewel. Mengajak Si Kecil berbicara dapat menjadi cara untuk mengajakran Si Kecil mengungkapkan apa yagn ia inginkan. Semakin sering Omilove mengajaknya berbicara, maka Omilove juga akan makin mengerti gerak-gerik dan apa yang ia maksudkan.

Wah, ternyata ada banyak sekali manfaat buat Omilove mengajak Si Kecil berbicara. Saat mengobrol juga tatap matanya juga tunjukkan berbagai ekspresi serta gerakan tangan yang dapat menarik perhatian Si Kecil. –MR

Category:
Bayi Ibu Keluarga

Leave a Comment