Cara Mengatasi Si Kecil Tantrum

Tantrum merupakan kondisi di mana emosi Si Kecil meledak-ledak karena frustasi yang tak terbendung. Saat tantrum Si Kecil akan menangis, berteriak, memberontak, menyakiti orang lain, bahkan menyakiti dirinya sendiri.

Saat Si Kecil tantrum Moms tentunya akan panik dan khawatir pada Si Kecil. Namun terkadang Moms juga ikut emosi, sehingga tak jarang Si Kecil menjadi sasaran emosi. Moms pastinya tidak ingin sampai terjadi suatu hal buruk pada Si Kecil. Lalu bagaimana cara mengatasi Si Kecil tantrum?

Baca Juga: Bumil, Lakukan Ini Saat Keracunan Makanan

Yuk simak penjelasan berikut ini!

  • Jauhkan benda yang berpotensi membahayakan Si Kecil

Pada saat tantrum terkadang Si Kecil akan mengamuk dengan melemparkan benda benda yang ada di sekitarnya. Moms bisa menjauhkan benda-benda yang berpotensi membahayakan Si Kecil seperti vas bunga, mainan-mainan yang memiliki tekstur keras, gelas kaca dan lainnya.

  • Tenangkan diri sendiri

Untuk menghadapi Si Kecil tantrum Moms memerlukan ketenangan diri. Jangan sampai Moms ikut emosi dan melakukan hal-hal yang membuat Si Kecil semakin frustasi dan tertekan. Bahkan sampai membahayakan keselamatan Si Kecil. 

  •  Kenali penyebab Si Kecil tantrum

Tentunya Moms harus mengenali penyebab Si Kecil tantrum. Tantrum sendiri merupakan bentuk ekspresi dari perasaan Si Kecil, yang belum memahami keadaan sekitarnya.

  • Biarkan emosi Si Kecil meluap

Membiarkan Si Kecil menangis dan berteriak beberapa saat membantu Si Kecil melepaskan emosi negatif dalam dirinya. Setelah itu emosi Si Kecil perlahan akan menurun dan Si Kecil akan merasa lebih tenang.

  • Jangan turuti keinginan Si kecil

Penyebab Si Kecil tantrum biasanya karena Si Kecil menginginkan sesuatu yang tidak bisa didapatkan. Si Kecil akan merajuk dan akhirnya tantrum agar ia bisa mendapatkan apa yang ia inginkan.

Moms tidak usah menuruti keinginan Si Kecil yang sedang tantrum untuk menenangkanya. Karena jika Moms menurutinya maka akan menjadi kebiasaan buruk bagi Si Kecil. Setiap ia menginginkan sesuatu ia akan tantrum karena dengan tantrum Si Kecil tau ia bisa mendapatkan keinginannya.

  • Bujuk Si Kecil

Setelah Si Kecil mulai tenang Moms bisa mulai membujuk Si Kecil dengan mengalihkan perhatianya pada hal-hal yang akan  membuat Si Kecil tertarik dan lupa dengan emosinya. Tunjukan perhatian Moms pada Si Kecil agar Si Kecil merasa disayang dan juga merasa nyaman serta aman di dekat Moms.

  • Beri pemahaman pada Si Kecil

Jika Si Kecil sudah tenang dan merasa nyaman bersama Moms, Moms bisa memberi pemahaman pada Si Kecil dengan perlahan. Jika sikap yang Si Kecil tunjukan itu tidak benar. Agar nantinya Si Kecil terbiasa untuk mengoreksi kesalahannya sendiri.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Pantangan Ibu Hamil

Berikut beberapa cara untuk mengatasi Si Kecil tantrum. Jika Si Kecil mengalami tantrum yang tidak wajar jangan segan untuk datang ke dokter atau psikologi anak ya Moms!

Oke Moms! semoga Si Kecil selalu sehat dan ceria ya Moms dan semoga tips yang kami bagi bermanfaat. -WD

Category:
Anak Balita Bayi

4 People reacted on this

Leave a Comment