Pilihan Aktivitas Anak Di Rumah Menjelang Liburan

aktivitas anak di rumah

Pilihan Aktivitas Anak Di Rumah Menjelang Liburan

Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru tahun ini, kita masih harus melakukan protokol kesehatan. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk liburan di rumah. Jangan khawatir Si Kecil jenuh di rumah aja, Bunda. Karena ada banyak aktvitas anak di rumah yang menyenangkan.

Selain membuat Si Kecil senang, aktivitas anak di rumah juga bisa mempererat bonding Bunda dan juga Si Kecil lho. Dengan melakukan berbagai aktvitas bersama anak di rumah, Bunda bisa memberikan stimulasi yang tepat buat tumbuh kembang Si Kecil.

Ide aktivitas anak di rumah saat liburan

Ini dia beberapa kegiatan yang asyik buat dilakukan bersama dan bisa jadi kegiatan bonding time bersama Si Kecil!

  1. Membaca buku cerita

Membaca bisa jadi menyenangkan sekaligus bermanfaat, lho. Bunda bisa membacakan buku cerita sesuai kesukaan Si Kecil. Bunda juga bisa mencoba berbagai tema mulai dari dongeng, fabel, sampai fantasi.

Dengan membacakan cerita pada Si Kecil, Bunda bisa membantu melatih kreativitasnya serta melatih kemampuan berbahasanya lho. Jika Si Kecil masih bayi, Moms bisa memberikan Soft Book. Buku dengan warna dan juga gambar yang menarik serta dirancang untuk menstimulasi tumbuh kembang Si Kecil.

  1. Berkebun dengan Si Kecil

Siapa nih yang punya hobi baru buat berkebun di masa pandemi kayak sekarang? Di masa liburan ini, Bunda bisa mengajak Si Kecil berkebun juga lho. Berkebun bisa jadi salah satu bonding time yang seru dan juga bisa jadi sarana belajar Si Kecil.

Dengan berkebun, Bunda bisa mengajarkannya untuk mencintai lingkungan dan dapat mengajarkannya kemandirian. Coba mulai dengan memberikan Si Kecil tugas sederhana seperti menyiram tanaman.

Bunda juga bisa mengajak Si Kecil untuk merawat tanaman yang mudah dirawat. Sehingga Si Kecil juga bisa melatihnya untuk berpikir kreatif selama merawat tanaman.

  1. Memasak kue

Si Kecil pasti suka kue! Memasak bersama Si Kecil bisa jadi aktivitas anak di rumah yang menyenangkan. Apalagi bila Bunda mengajaknya membuat hidangan kue serta makanan favoritnya.

Memasak bersama Si Kecil juga akan membuat Si Kecil mengingat pengalaman tersebut bersama Bunda. Selain itu memasak dapat menghilangkan kecemasan dengan mencoba makanan yang baru buatnya. Sehingga Si Kecil akan membangun rasa percaya diri dan melatih fungsi indera-inderanya.

  1. Olahraga bersama

Olahraga bisa jadi salah satu bonding time serta aktivitas anak di rumah yang asyik. Apalagi jika Ayah berksempatan mengambil libur sehingga Si Kecil bisa berolahraga bersama Ayah dan Bunda.

Kalau bosan dengan olahraga yang itu-itu saja, Bunda bisa coba yoga. Yoga bermanfaat buat Si Kecil karena dapat membantu mengelola kecemasannya, meningkatkan pengaturan emosi, meningkatkan kesadaran dan perhatian tubuh, serta melatih Si Kecil berkonsentrasi.

Untuk mengawalinya, pastikan coba gerakan yang aman dan mudah dilakukan ya!

  1. Bermain tenda di rumah

Berada di rumah selama liburan tentunya tidak membatasi Bunda buat mengajak Si Kecil bermain. Salah satu permainan yang seru buat Si Kecil mainkan adalah bermain tenda. Ada beberapa aktivitas yang bisa Bunda dan Si Kecil lakukan dengan bermain tenda.

Pertama, Bunda bisa mengajaknya untuk kemping di rumah atau indoor camping. Kemping di rumah merupakan cara yang baik buat memperkenalkan konsep berkemah pada Si Kecil. Selain itu, mengajaknya membangun dan menghias tenda juga dapat melatih kemandirian Si Kecil.

Selanjutnya, Bunda juga bisa mengajaknya bermain peran dengan tenda. Coba untuk asah cara berpikir kreatifnya dengan menggunakan tenda sebagai sarana imajinasi dan bercerita. Bunda bisa tanya pendapat Si Kecil tentang peran apa yang hendak ia mainkan di tenda. Dengan begitu, Bunda dapat mengajaknya berpikir kreatif serta mengajaknya mempersiapkan properti yang mendukung suasana.

Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain dengan Tenda Indian dari Omiland. Bentuknya pas buat Si Kecil bermain tenda di rumah, mudah dipasang, dan sudah termasuk alasnya juga lho. Bunda bisa dapatkan Tenda Indian Omiland di toko-toko grosir perlengkapan terdekat ya!

credit to: Instagram @nopidarmawan

Itu dia berbagai aktivitas anak di rumah yang menarik dan menyenangkan buat Bunda lakukan bersama Si Kecil di liburan akhir tahun. Bunda mau coba yang mana, nih? –MR

No Comments

Post A Comment