Si Kecil Susah Tidur Kalo Nggak Digendong?

Image by Freepik

Moms biasanya menggendong Si Kecil untuk memudahkan Si Kecil terlelap saat tidur. Tetapi kadang, kebiasaan tersebut membuat Si Kecil susah tidur jika tidak ada yang menggendongnya. Dengan bertambahnya usia Si Kecil, tubuhnya pun bertambah besar dan tak jarang membuat Moms pegal pegal jika harus terus menggendongnya.

Baca Juga : Cara Mengatasi ASI Rembes Saat hamil

Namun, Moms jangan khawatir, mulai sekarang Moms dapat membiasakan Si Kecil tidur tanpa perlu digendong. Menidurkan Si Kecil tanpa menggendong tidak hanya mengurangi pegal-pegal yang akan Moms rasakan karena sering menggendong, tetapi juga membuat Si Kecil menjadi lebih mandiri, Moms! Berikut tips yang dapat membantu Moms.

Moms bingung Si Kecil susah tidur kalo nggak di gendong? tenang ikuti tips berikut ini :

  • Atur suhu ruangan

Moms bisa mengatur suhu ruangan agar Si Kecil tidak kegerahan atau kedinginan saat tidur. Biasanya suhu yang cocok untuk Si Kecil ada di 20 hingga 22,2 derajat Celcius.

  • Pijat lembut Si Kecil

Sebelum menidurkannya Moms bisa berikan Si Kecil pijatan lembut atau usapan di area punggung, dada, lengan dan kaki agar Si Kecil merasa nyaman dan tenang. Jika perlu, Moms bisa menggunakan baby oil atau minyak khusus bayi namun pastikan Si Kecil tidak ada alergi pada bahan bahan tersebut.

  • Pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian yang berbahan katun untuk Si Kecil, selain lembut katun juga dapat menyesuaikan suhu tubuh Si Kecil. Lalu jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat apalagi sampai membuat Si Kecil susah bergerak dan bernafas.

  • Baringkan dengan posisi yang aman

Saat menidurkan Si Kecil moms boleh saja membuatnya tertidur dengan menyamping. Namun pastikan tidak ada benda yang akan menghalangi pernafasannya. Tidur menyamping sambil menyusu atau sambil Moms usap-usap punggungnya. Setelah Si Kecil benar-benar tertidur Moms bisa membuat posisinya menjadi terlentang, karena telentang merupakan posisi paling aman untuk Si Kecil tidur.

  • Atur penerangan ruangan

Agar Si Kecil tidak terganggu dan merasa silau sebaiknya Moms mengatur penerangan di ruang tidur Si Kecil agar cenderung lebih redup. Moms juga bisa menggunakan kojong atau kelambu bayi untuk Si Kecil. Kojong dan kelambu selain menjaga Si Kecil dari nyamuk dan debu, juga dapat menghalangi cahaya langsung ke mata Si Kecil.

  • Hindari mengayun Si Kecil 

Mengayun Si Kecil adalah salah satu cara agar Si Kecil mudah tertidur namun sebaiknya dihindari karena dapat menjadi kebiasaan si sebelum ia tidur. Daripada mengayun Si Kecil moms bisa menggantinya dengan menepuk nepuk lembut pantat Si Kecil sebelum tidur.

  • Peralatan tidur yang nyaman.

Nah agar Si Kecil mudah tertidur dan semakin nyenyak tentunya Moms harus menyiapkan peralatan peralatan tidur yang nyaman untuk Si Kecil seperti kasur dan bantal yang empuk. Serta penunjang lainya dan jangan lupa pastikan tempat tidur selalu bersih dan wangi. Moms juga harus sering mengganti peralatan tidur Si Kecil apalagi Si Kecil yang masih sering ngompol di tempat tidur.

Baca Juga : Apakah Bayi Boleh Berenang?

Oke Moms! Tips di atas dapat membantu Moms menidurkan Si Kecil dengan cepat loh! Namun butuh proses ya Moms pasti akan agak sulit apalagi kebiasaan Si Kecil yang biasanya harus selalu digendong untuk ditidurkan. Tapi Moms jangan khawatir lama-lama Si Kecil akan nyaman dan terbiasa akan kebiasaan barunya.

Jika Si Kecil sudah terbiasa ditidurkan tanpa digendong tentunya akan mengurangi pekerjaan Moms bukan? Lalu Si Kecil juga akan mudah tertidur dengan sendirinya. -WD

 

Category:
Bayi

1 people reacted on this

Leave a Comment