Yuk Moms Jaga Makanan setelah Melahirkan!

Image by Freepik

Menjaga asupan makanan setelah melahirkan merupakan salah satu upaya termudah yang dapat Moms lakukan untuk mempercepat pemulihan pasca melahirkan. Selain mempercepat pemulihan menjaga makanan juga dapat memperlancar ASI loh Moms!

Saat melahirkan Moms banyak mengeluarkan tenaga dan juga cairan darah belum lagi di masa nifas. Oleh karena itu, agar Moms dapat menjaga kestabilan kesehatan dan meregenerasi cairan-cairan tersebut, Moms perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat dan tepat.

Baca Juga : Si Kecil Susah Tidur Kalo Nggak Digendong?

Moms, ingatlah bahwa Si Kecil baru lahir hanya mendapatkan nutrisi dari ASI Moms. Sedangkan Asupan makanan Moms sangat memengaruhi ASI. Mulai dari rasa ASI, kualitas ASI hingga komposisi di dalamnya. Oleh karena itu Yuk Moms jaga pola dan asupan makanan Moms seperti berikut ini!

Inilah makanan setelah melahirkan yang bagus untuk Moms!

  • Telur

Selain mudah didapat dan terjangkau, telur juga memiliki protein dan lemak sehat Omega-3 yang dapat membantu mempercepat pemulihan pasca melahirkan. Telur juga dapat memperlancar ASI. Moms bisa mengolah telur dengan simpel atau sesuai dengan keinginan Moms.

  • Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli mengandung zat besi yang dapat membantu meregenerasi sel darah merah. Selain itu juga terdapat kandungan kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin C, dan antioksidan.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat membantu memperlancar ASI karena kacang-kacangan mengandung banyak protein, zat besi, kalsium dan zinc, serta vitamin K dan B. Ini juga tentunya dapat mempercepat pemulihan pasca melahirkan. Jika Moms tidak terlalu suka dengan kacang-kacangan mungkin Moms bisa mengkonsumsi olahanya seperti tahu, tempe, atau sayur kacang merah dan bubur kacang hijau.

  • Buah-buahan

Sudah tidak diragukan lagi buah buahan merupakan makanan yang wajib ada di segala situasi. Namun ada beberapa buah yang sangat dianjurkan untuk Moms yang baru melahirkan misalnya seperti pepaya, bluberi, alpukat, kurma dan jeruk. Selain enak dan segar kandungan yang ada dalam buah buahan tersebut  juga tentunya membantu memperlancar asi dan pemulihan Moms.

  • Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak dapat membantu menambah tenaga Moms pasca melahirkan. Juga dengan zat besi yang tinggi tentunya baik untuk ASI dan asupan Si Kecil baru lahir.

  • Susu

Susu dapat menjadi penunjang protein untuk SI kecil juga loh Moms lewat ASI. Moms bisa mengonsumsi susu khusus ibu menyusui, namun jika Moms alergi terhadap susu, lebih baik menghindarinya. Karena masih banyak makanan lain yang bisa Moms konsumsi pasca melahirkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi ASI Rembes Saat hamil

Oke Moms itulah beberapa makanan yang dapat Moms konsumsi pasca melahirkan untuk membantu mempercepat pemulihan dan memperlancar ASI Moms. Cepat pulih ya Moms. _WD

Category:
Ibu

Leave a Comment