Fakta Kemerdekaan Untuk Stimulasi Tumbuh Kembang Si Kecil

Masih dalam suasana Kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus, ada banyak makna perjuangan dan fakta kemerdekaan yang bisa Omilove ajarkan pada Si Kecil lho! Selain agar Si Kecil mencintai Tanah Air, Si Kecil juga bisa belajar untuk menghargai usaha para pahlawan kemerdekaan. Meski Si Kecil masih bayi, tapi menceritakan atau mengajarkan fakta kemerdekaan tetap dapat menstimulasi tumbuh kembang si kecil seperti pendengaran juga bahasa Si Kecil. Hmm, apa saja yang bisa Omilove ajarkan ya?

1. Kemerdekaan diraih dengan perjuangan

Bangsa Indonesia melewati berbagai hal termasuk penderitaan juga perjuangan yang cukup panjang. Salah satunya melawan penjajah. Banyak anak-anak yang kehilangan kesempatan untuk bermain dan juga bersekolah untuk membela Tanah Air dengan mengikuti Tentara Pelajar.

Omilove bisa mengajarkan betapa beruntungnya Si Kecil lahir setelah Indonesia merdeka. Ia bisa bermain bahkan bisa bersekolah tanpa harus turut serta dalam Tentara Pelajar. Selain itu, Omilove juga dapat ajarkan bahwa kemerdekaan juga masih kita teruskan, yakni dengan berjuang belajar dengan baik.

Baca Juga: Pilih Baby Sitter Setelah Pertimbangkan Hal Ini

2. Indonesia dulu dijajah

Jika Si Kecil yang sudah balita bertanya soal perjuangan, maka Omilove bisa menjelaskan bahwa Indonesia yang kaya dengan rempah-rempah membuat bangsa Barat ingin menguasai Indonesia. Pada zaman dahulu, rempah merupakan komoditas laris dan Indonesia merupakan salah satu penghasil rempah terbaik di dunia.

Omilove bisa ajarkan Si Kecil untuk turut menjaga dan melestarikan sumber daya alam di Indonesia.

3. Mengenalkan tokoh proklamasi

Omilove bisa memulai dari mengenalkan tokoh proklamasi kita yang terlukis di selembar uang Rp 100.000. Ajarkan mengenai Soekarno dan Moh. Hatta yang tanpa mereka kita tidak akan merdeka saat ini.

4. Pengibaran bendera

Omilove yang merayakan kemerdekaan di rumah pasti menyaksikan upacara Kemerdekaan yang disiarkan lewat televisi nasional. Omilove bisa ajarkan bahwa Bendera Merah Putih pertama berkibar pada 17 Agustus 1945. Pemilihan warna merah dan juga putih juga memiliki makna. Merah mewakili keberanian pada pejuang Indonesia. Sedangkan putih melambangkan kesucian para pahwalan.

Ajarkan Si Kecil mengapa setiap Agustus bangsa Indonesia memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih, ya! Omilove bisa ajak Si Kecil melihat pemasangan bendera di depan rumah.

Nah, mengajarkan fakta kemerdekaan sejak dini dapat menanamkan sikap nasionalisme pada Si Kecil. Jangan beranggapan bahwa percuma karena Si Kecil tak mengerti. Pembicaraan yang Omilove perdengarkan untuk Si Kecil dapat menjadi stimulasi yang baik buatnya berbicara dan tumbuh kembangnya. Yuk ajarkan Si Kecil fakta-fakta kemerdekaan lainnya! –MR

Category:
Keluarga

Leave a Comment