Pilih Baby Sitter Setelah Pertimbangkan Hal Ini

Omilove, mengurus Si Kecil tentunya jadi tantangan tersendiri. Apalagi buat Omilove yang bekerja dan mesti kembali bekerja selepas melahirkan Si Kecil. Penting untuk mengetahui kapan Omilove perlu memilih babysitter.

Di Infonesia, babysitter dideskripsikan sebagai seseorang yang bekerja untuk Omilove untuk merawat dan mengasuh Si Kecil di rumah. Perbedaan babysitter dengan nanny adalah usia bayi yang dirawat.  Baby sitter adalah perawat bayi yang umumnya merawat anak dengan usia 1 hari sampai dengan 2 tahun. Sedangkan nanny bekerja untuk mengasuh anak balita berusia 2 hingga 5 tahun.

Keperluan Si Kecil yang masih newborn dan balita tentunya berbeda. Namun jika Omilove perlu mencari babysitter untuk membantu mengasuh Si Kecil, jangan lupa buat pertimbangkan hal berikut untuk tahu kapan perlu memilih babysitter ya!

  • Peran dalam mengasuh Si Kecil

Menggunakan jasa babysitter tentunya akan meringankan tugas Omilove di rumah. Dengan adanya babysitter, Omlive bisa lebih tenang dalam beraktivitas di rumah dan juga bekerja. Babysitter bekerja dengan menyiapi, memandikan, menidurkan, juga menemani dan mengawasi Si Kecil saat melakukan berbagai aktivitas.

  • Masalah dalam memilih babysitter

Mendapat babysitter yang tepat untuk Si Kecil tidaklah mudah, Omilove. Ada banyak kendala dan pertimbangan yang mungkin Omilove pertimbangkan. Pastikan babysitter dapat menyesuaikan gaya pengasuhan Omilove. Babysitter yang berpengalaman juga pastinya lebih baik untuk Si Kecil.

Selain itu, biaya untuk memakai jasa babysitter juga perlu Omilove pertimbangkan. Karena biasanya jasa babysitter lebih mahal daripada Omilove menitipkan Si Kecil ke daycare. 

Memilih babysitter yang tepat 

Kapan perlu memilih babysitter tentunya bisa Omilove tentukan dengan kesanggupan Omilove mengasuh dan merawat Si Kecil. Omilove juga meminta rekomendasi keluarga, teman, atau sekolah anak untuk mendapat babysitter yang tepat.

Beberapa tips yang dapat Omilove bisa lakukan untuk memilih babysitter adalah:

  • Mencari babysitter yang berpengalaman

Meski usia tidak menentukan pengalaman yang relevan, namun babysitter yang berusia matang biasanya lebih bisa mengasuh anak dengan lebih baik. Untuk mengetahuinya, Omilove bisa menanyakan riwayat pekerjaan calon babysitter dengan merawat dan mengasuh anak-anak sebelumnya.

  • Lakukan wawancara terlebih dahulu

Siapkan daftar pertanyaan penting sebelum menyewa jasa babysitter. Pertanyaan tersebut dapat berupa pertanyaan seputar pengalaman mengasuh dan merawat anak-anak juga sertifikat yang menunjukkan bahwa calon babysitter pernah mengikuti pelatihan.

Selain dapat mengasuh dan merawat anak, penting untuk seorang babysitter dapat memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan apabila Si Kecil sakit atau juga mengalami cidera.

  • Perhatikan interaksinya dengan Si Kecil

Untuk mengamati interaksi babysitter dengan Si Kecil, Omilove bisa coba menyaksikannya saat melakukan wawancara. Omilove juga bisa ajukan pertanyaan dalam bentuk contoh kasus. Perhatikan juga cara babysitter dalam menghibur atau mengawasi Si Kecil.

  • Tetap awasi 

Setelah mendapatkan pengasuh yang sesuai dengan keinginan Omilove, jangan lengah untuk mengawasi ya! Untuk beberapa hari pertama babysitter bekerja, Omilove sebaiknya berada di rumah untuk mengawasi dan memberi tahu rincian tugas yang menjadi tanggung jawab pengasuh.

Omilove juga harus mengamati caranya berinteraksi secara langsung dengan Si Kecil pada waktu yang lebih lama dari saat wawancara. Ingat untuk memberi jadwal harian Si Kecil, informasi nomor telpon penting di keadaan darurat dan di mana bisa mendapatkan bantuan.

Itulah beberapa hal yang dapat Omilove pertimbangkan saat hendak menggunakan jasa babysitter. Bila Omilove masih ragu, Omilove bisa berkonsultasi dengan dokter anak terlebih dahulu, terlebih bila Si Kecil memiliki kebutuhan khusus. Dokter dapat merekomendasikan babysitter yang tepat juga. –MR

Category:
Ibu Keluarga

Leave a Comment