Tips Mengajak Si Kecil Berolahraga Bersama

mengajak anak berolahraga

Memasuki tahun yang baru 2022 ini, mungkin ada resolusi Bunda yang susaaah banget diwujudkan yaitu rajin olahraga. Apalagi dengan keberadaan Si Kecil sekarang, rasanya alasan buat enggak olahraga jadi makin menjadi. Biar Bunda bersemangat buat berolahraga, Bunda bisa lho mengajak anak berolahraga juga!

Karena mengajak anak berolahraga enggak hanya memberi manfaat buat tumbuh kembangnya, tapi juga buat meningkatkan bonding antara Si Kecil dan juga Bunda dan Ayah.  Apalagi nih, Bun, dalam American Academy of Child and Adolescent Psychiatry menyebutkan bahwa jika salah satu orangtua mengalami obesitas, maka ada kemungkinan 50% anak-anaknya juga akan mengalami kondisi yang sama.

Pastinya olahraga dengan rutin bisa mencegah Si Kecil mengalami obesitas dan dapat membantu menurunkan berat badan kita. Si Kecil yang seorang peniru ulung pasti akan bersemangat bila melihat Bunda bersemangat.

Tips untuk Si Kecil berolahraga

  1. Menjelaskan manfaat olahraga pada Si Kecil

Si Kecil harus tahu alasan yang kuat untuk berolahraga setiap hari. Manfaat yang Si Kecil dapatkan dari berolahraga adalah:

  • Otot dan tulang yang lebih kuat
  • Mengurangi risiko obesitas
  • Menurunkan tekanan darah dan kadar kolestrol darah
  • Tubuh lebih ramping

Dengan mengetahui dan juga paham mengenai manfaat olahraga, Si Kecil pasti makin semangat buat mengajak Bunda berolahraga!

  1. Jadikan aktivitas bermain

Meski Si Kecil suka bermain, ia bisa jadi tidak tertarik dengan olahraga dengan aturan yang ketat seperti sepak bola atau basket. Bunda bisa memulai permainan dengan melonggarkan peraturan agar Si Kecil bisa menikmati permainan. Bunda juga bisa memilih kegiatan yang lain seperti berenang atau panjat tebing. Tentunya dengan pengawasan ekstra atau dengan datang ke arena khusus berolahraga untuk anak.

  1. Turut bergabung bersama Si Kecil

Si Kecil sangat suka apabila Bunda dan Ayah turut serta dalam kegiatan permainan mereka yang dalam hal ini adalah kegiatan berolahraga. Ikut sertanya Bunda akan menjadi cara yang baik buat membuat Si Kecil menyukai olahraga.

Bila Si Kecil mengajak Bunda bermain bola, Bunda bisa menjadi lawannya atau rekan setimnya dalam permainan tersebut. Sehingga Si Kecil semakin bersemangat buat berolahraga.

  1. Menata ulang ruangan untuk Si Kecil berolahraga

Tips mengajak anak berolahraga selanjutnya adalah menata ulang ruangan menjadi ruangan yang nyaman untuk Si Kecil berolahraga. Meski tampaknya tidak penting, namun ruangan bisa jadi faktor penunjang yang besar lho. Bayangkan jika Bunda mengajaknya berolahraga senam tapi ada banyak barang di sekitar?

Pasti menggangguuu sekali! Bunda juga bisa menambahkan fasilitas penunjang lainnya seperti matras dan juga alat olahraga lainnya.

  1. Waktu olahraga yang singkat

Bunda, meski Si Kecil tampak menyukai olahraga tertentu namun tak menutup kemungkinan buat Si Kecil merasa bosan lho. Si Kecil tidak akan bisa fokus pada satu aktivitas olahraga yang sama. Menurut Kids Health, Si Kecil membutuhkan setidaknya 60 menit atau lebih aktivitas fisik setiap harinya.

Aktivitas fisik ini dibagi menjadi bebera jenis olahraga seperti aerobik untuk kesehatan tulang dan otot. Aktivitas aerobik bisa Bunda lakukan dengan berjalan kaki bersama Si Kecil. Sedangkan untuk kesehatan tulang dan otot, Bunda bisa mengajak anak berolahraga melempar bola.

 

Demikian tips yang bisa Bunda lakukan buat ajak Si Kecil berolahraga. Lewat berolahraga juga Si Kecil dapat belajar untuk lebih percaya diri, pantang menyerah, memahami sportivitas, dan juga memahami kerja sama dengan tim. –MR

Category:
Anak Balita Ibu Keluarga

1 people reacted on this

  1. I was excited to uncover this page. I wanted to thank you for your time for this particularly fantastic read!! I definitely loved every little bit of it and I have you saved as a favorite to look at new stuff on your blog.} {visit the following web site|visit the following site|visit the following web site|Visit Homepage|visit the following web site|visit my webpage|visit the following internet site|visit the following webpage|visit the following site|visit the following internet site

Leave a Comment