Apa Boleh Potong Rambut Saat Hamil?

Hallo Moms! ternyata masih banyak yang bertanya-tanya mengenai apa boleh potong rambut saat hamil? Apakah potong rambut saat hamil berbahaya? Nah Moms di sini kita akan membahas mengenai boleh atau tidak potong rambut saat hamil.

Di beberapa daerah memiliki berbagai macam kepercayaan yang berbeda beda-beda terhadap wanita hamil. Kepercayaan tersebut biasanya berupa larangan atau pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh wanita saat hamil. Namun bisa juga melakukan tradisi-tradisi tertentu.

Baca Juga : Tips Atasi Pegal-Pegal Saat Hamil

Kepercayaan atau tradisi-tradisi tentunya bertujuan untuk menjauhkan wanita hamil dan janin dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya mungkin Moms pernah mendengar mengenai mitos pantangan memotong rambut saat hamil.

Apakah potong rambut saat hamil berbahaya?

Dari mitos atau kepercayaan orang dahulu memotong rambut saat hamil akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Ada yang bilang memotong rambut saat hamil akan menyebabkan bayi terlahir cacat. Atau Si Kecil tidak memiliki rambut alias botak serta kesialan-kesialan lainnya.

Penuturan-penuturan seperti itu ngeri juga ya, Moms! pasti bikin Moms jadi parno dan takut potong rambut. Namun jangan khawatir Moms ternyata hal tersebut hanyalah sebuah mitos ya Moms. Dalam ajaran islam pun memotong rambut saat hamil tidak ada larangan nya.

Lalu bagaimana dengan mitos tersebut? mengenai bayi yang terlahir cacat sendiri tidak ada hubungannya dengan potong rambut. Karena pemicu bayi terlahir cacat sendiri yaitu adanya kerusakan dan gangguan kromosom serta komplikasi yang dialami Moms serta kelainan genetik.

Sedangkan tidak memiliki rambut atau botak tentunya disebabkan oleh keturunan genetik dari orang tua Si Kecil. Terlebih lagi di zaman sekarang Moms dapat memantau langsung mengenai perkembangan Si Kecil dalam kandungan. Moms bisa melakukan USG rutin ke dokter agar mengetahui setiap perkembanganya.

Jadi apakah di perbolehkan?

Jadi sudah bisa dipastikan jika memotong rambut saat hamil diperbolehkan ya Moms. Terlebih lagi hingga sekarang belum ada pernyataan medis yang mengatakan jika memotong rambut saat hamil dapat membahayakan Si Kecil.

Namun ada beberapa hal yang harus Moms ketahui, yaitu ketika hamil Moms mengalami perubahan hormon yang drastis. Dari perubahan hormon tersebut menyebabkan dampak dampak yang berbeda bagi setiap ibu hamil. Misalnya dapat menyebabkan kaki bengkak, mudah gerah, suasana hati yang mudah berubah, gatal-gatal,dan masih banyak lagi.

Salah satu dampak dari perubahan hormon yang melonjak drastis yaitu pada volume serta tekstur rambut. Perubahan yang paling signifikan di rasakan yaitu Moms mengalami kerontokan pada rambut, lalu rambut lebih Moms berminyak.

Masalah-masalah di atas tentunya sangat mengganggu untuk Moms apalagi rambut rontok. Maka melakukan perawatan rambut seperti memotong rambut dapat mengurangi masalah masalah tersebut bahkan menjadi solusi mengurangi kerontokan pada rambut.

Meskipun begitu ada beberapa hal yang harus Moms perhatikan dalam memotong atau merawat rambut, yaitu :

  • Jangan gunakan bahan kimia pada rambut

Moms boleh memotong rambut namun Moms tidak boleh menggunakan bahan bahan kimia untuk rambut Moms. Misalnya selain potong rambut agar tampil lebih menarik Moms melakukan smoothing atau rebonding, yang tentunya menggunakan obat kimia. Lalu mungkin menggunakan cat rambut yang mengandung obat kimia.

Beberapa obat kimia bisa saja berpengaruh untuk Si Kecil dalam kandungan. Mengapa begitu? Karena secara tidak langsung bahan kimia terserap ke dalam kulit Moms. Selain itu beberapa bahan kimia dapat memicu alergi pada Moms saat hamil. Mengingat saat hamil tubuh Moms masi dalam keadaan tidak stabil.

Oleh karena itu lebih baik Moms hindari pemakaian bahan bahan kimia pada rambut Moms. Merawat rambut dengan sewajarnya saja jangan berlebihan ya Moms.

  • Pilih salon ternyaman

Moms perlu memperhatikan pemilihan salon loh! Mengapa demikian? Karena suasana hati Moms yang mudah berubah-ubah tidak cocok jika harus mengalami keadaan yang tidak nyaman. Misalnya mengantri saat di salon atau mendapat pelayanan yang buruk.

Jadi lebih baik Moms pilih salon yang sepi agar Moms dapat merawat rambut dengan tenang tanpa gangguan. Lalu sebaiknya Moms juga tidak datang ke salon yang ramai orang melakukan smoothing atau perawatan semacamnya yang menggunakan bahan kimia. Karena tidak jarang bahan-bahan kimia tersebut menimbulkan bau menyengat yang akan membuat Moms merasa tidak nyaman.

Baca Juga : Cara Mengatasi Si Kecil Tantrum

Oke Moms! Kami sudah memberikan penjelasan mengenai apakah boleh memotong rambut saat hamil dengan sedetail mungkin. Semoga semua pertanyaan Moms dapat terjawab ya. -WD

Category:
Ibu

1 people reacted on this

Leave a Comment