Jangan Panik Saat Suhu Tubuh Si Kecil Tinggi

Jangan Panik Saat Suhu Tubuh Si Kecil Tinggi

Saat Bunda menyusui, Bunda bisa merasakan suhu Si Kecil terasa lebih panas. Tapi Si Kecil tidak rewel. Padahal suhu tubuh bisa menjadi penanda seseorang sakit. Hmm.. sepertinya Bunda harus tahu soal suhu normal bayi.

Bunda mungkin akan merasa panik ketika suhu tubuh Si Kecil terasa panas dan langsung secepatnya memberinya kompres agar panas teratasi. Cara tersebut memang ampuh apabila tubuh Si Kecil memang panas karena demam. Namun pada umumnya bayi memiliki suhu tubuh sekitar 36,4 hingga 37,5 derajat Celcius.

Artinya Si Kecil akan memiliki suhu lebih tinggi dari suhu orang dewasa yang sekitar 37 derajat Celcius. Bagian tubuh tertentu seperti kepala, leher, dan bagian tangan atas akan terasa lebih hangat. Sebab metabolisme Si Kecil pada bagian tersebut terbilang tinggi, terutama pada perkembangan sel otak. Karenanya mungkin Bunda akan merasakan kepala Si Kecil berkeringat ketika menyusui.

Makanya penting banget untuk memilih perlengkapan bayi yang ramah dengan suhu normal bayi. Karena kondisi berkeringat saat beraktivitas tentu membuat Si Kecil tidak nyaman dan rewel. Seperti perlengkapan bayi dari Omiland. Menggunakan bahan berkualitas dirancang agar Si Kecil tetap nyaman.

Lalu bagaimana jika suhu tubuh Si Kecil melebihi rentang suhu normal bayi?

Cara Mengatasi Demam pada Si Kecil

Ada beberapa cara untuk mengatasi demam pada Si Kecil yang berusia 3 bulan ke atas dan bisa dilakukan di rumah, seperti:

  1. Memandikannya dengan air hangat

Meski suhu Si Kecil hangat, faktanya memandikan air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubh Si Kecil, membantu melancarkan pernapasan, dan membuat tubuhnya lebih rileks.

  1. Menjaga suhu ruangan

Usahakan suhu kamar Si Kecil tetap sejuk dan nyaman bayi Si Kecil. Bunda bisa menyalakan SC atau kipas angin hingga mencapai suhu kamar ideal yaitu 20-22 derajat Celcius. Tapi jangan langsung mengarahkan AC atau kipas angin pada Si Kecil ya agar ia tidak kedinginan.

  1. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh Si Kecil

Agar Si Kecil tidak dehirasi, cukupi terus kebutuhan cairannya dengan ASI, susu formula, atau air putih ya, Bun!

  1. Memakai pakaian yang nyaman

Bila pakaian Si Kecil sebelumnya membuatnya tidak nyaman atau panas, segera ganti pakaiannya yaa. Berikan Si Kecil pakaian yang nyaman dan tidak terlalu tebal, ya. Agar tubuhnya tidak kepanasan dan tetap merasa sejuk. Jika Si Kecil menggigil Bunda bisa menyelimutinya dengan kain atau selimut yang tipis.

  1. Memberikan obat penurun panas

Bunda bisa memberikannya paracetamol atau obat penurun panas. Agar Bunda lebih yakin, Bunda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter anak.

Demam sebenarnya terjadi karena sistem imunitas pada tubuhnya sedang melawan penyakit. Beberapa penyakit bisa terjadi karena infeksi dari virus maupun bakteri, Bun. Seperti penyakit influenza, infeksi saluran kemih, pneumonia, hinga meningitis. Namun demam juga bisa terjadi sebab imunisasi. Penyebab lainnya juga bisa karena bajunya tidak nyaman karena terlalu tebal dan suhu udara yang panas.

Karenanya jangan panik ketika suhu tubuh Si Kecil tinggi ya, Bun! Bunda bisa mengonsultasikannya ke dokter bila Bunda masih ragu. Semangat!

 

No Comments

Post A Comment