Sakit Pinggang Saat Hamil Muda? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuk

Sakit Pinggang Saat Hamil Muda? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuk

Waktu Bunda hamil, apa sih yang Bunda rasakan? Hal pertama yang tentu paling terlihat adalah perubahan bentuk tubuh di mana bagian perut akan terlihat semakin membesar seiring dengan bertambahnya usia janin. Hal selanjutnya bisa aja sakit pinggang saat hamil muda.

Sakit pinggang saat hamil muda jadi kondisi yang umum terjadi saat Bunda lagi mengandung Si Kecil, kok. Meskipun biasanya sakit pinggang terjadi di akhir kehamilan, tapi sakit pinggang juga bisa Bunda rasakan saat masih hamil muda.

Apa penyebab sakit pinggang saat hamil muda?

Sebenarnya sangat umum Bunda mengeluh sakit pinggang meski usia kehamilan masih muda. Penyebabnya bisa beragam seperti peredaran darah, hormonal, bahkan bisa juga faktor psikologi. Ketika Bunda sakit pinggang, mungkin Bunda mencoba beberapa cara pengobatan tanpa mengetahui penyebabnya secara pasti.

Cara yang paling ampuh untuk mengatasi sakit pinggang saat hamil muda adalah memperbaiki gaya hidup yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi Bunda dan Si Kecil serta tentunya istirahat yang cukup. Sakit pinggang umumnya terjadi ketika panggul bertemu dengan tulang belakang pada sendi sakroiliaka. Rasa sakit atau nyerinya bisa muncul saat bobot Si Kecil dalam kandungan terus meningkat.

Karenanya penting banget buat Bunda mengetahui apa saja penyebab sakit pinggang saat gamil muda agar bisa diatasi atau bahkan dihindari. Apa aja yaa?

  1. Berat badan yang bertambah

Berat badan Bunda yang bertambah karena kehamilan tentu memengaruhi pinggang sehingga menyebabkan sakit pinggang saat hamil muda. Pada kehamilan yang sehat, Bunda akan mengalami pertambahan berat badan dari 11 hingga 15 kilogram. Tulang belakang Bunda harus menopang berat tersebut sehingga Bunda akan menopang tersebut. Selain berat tubuh Bunda yang bertambah, tubuh Si Kecil dalam kandungan juga akan bertumbuh dan memberikan tekanan pada pembuluh darah dan saraf pada punggung sehingga punggung Bunda akan merasa sakit.

  1. Perubahan hormon

Hmm kenapa perubahan hormon bisa berpengaruh dengan sakit punggung saat hamil muda? Saat kehamilan terjadi, tubuh Bunda akan memproduksi homron relaxin yang membuat ligamen di daerah panggul lebih rileks dan sendi menjadi longgar sebagai persiapan proses kelahiran. Efek samping dari produksi hormon ini adalah membuat ligamen yang menopang tulang belakang menjadi lebih kendor sehingga akan terjadi ketidakstabilan pada punggung dan juga pinggang Bunda.

Waah keren ya tubuh kita, Bun?

  1. Perubahan postur

Bunda bisa saja mengalami perubahan postur sehingga terjadi sakit pinggang saat hamil muda. Ketika Bunda hamil, pusat gravitasi pada tubuh akan bergeser sehingga Bunda tanpa sadar akan menyesuaikan postur bary. Saat penyesuaian postur tubuh ini Bunda lakukan, Bunda akan merasakan sakit pada punggung dan juga pinggang bahkan rasa tegang di beberapa bagian tubuh. Usahakan untuk mematasi aktivitas jika dirasa bagian belakang tubuh Bunda sudah sakit yaa.

  1. Pemisahan otot

Ketika rahim Bunda mengembang, otot yang berada dari tulang rusuk ke tulang kemaluan dapat terpisah. Karenanya Bunda akan merasakan sakit pada punggung dan pinggang.

Bagaimana cara mengatasinya?

Setelah mengetahui penyebab-penyebabnya, ternyata memang sangat wajar saat Bunda merasakan sakit pinggang saat hamil muda. Selain menyesuaikan gaya hidup serta istirahat yang cukup, solusi yang dapat Bunda coba adalah menggunakan bantal ibu hamil.

Omiland punya beberapa series bantal ibu hamil seperti Bantal Ibu Hamil Panda Series, Bantal Ibu Hamil  Spotted Series, Bantal Hamil Forest Series, dan yang paling baru adalah Bantal Ibu Hamil Feather Series. Semuanya dirancang sedemikian rupa untuk mengakomodasi kenyamanan Bunda.

Bantal hamil adalah bantal yang berukuran cukup besar untuk membantu menopang tubuh Bunda mulai dari bagian perut, leher, paha, bahu, dan juga punggung. Saat Bunda merasakan sakit punggung atau pinggang, bantal hamil akan bantuk mengurangi tekanan pada tulang belakang, punggung, dan pinggang sekaligus membantu menjajarkan pinggang, bahu, dan juga tulang belakang.

sakit pinggang saat hamil

Bunda bisa langsung mengunjungi Official Store Omiland di e-commerce kesayangan Bunda untuk mendapatkan bantal hamil dengan harga terbaik!

No Comments

Post A Comment