Makanan Sehat Ibu Hamil Saat Lebaran

makanan sehat ibu hamil saat lebaran

Makanan Sehat Ibu Hamil Saat Lebaran

Lebaran selalu identik dengan bersilahturahmi ke rumah kerabat, keluarga, atau teman sambil makan makanan khas lebaran. Tentunya Bunda paham banget kalo makanan khas lebaran tuh tinggi lemak karena banyak kandungan santan dan minyaknya. Makanya buat Bunda yang lagi hamil alias bumil, harus hati-hati saat saat menyantap makanan saat lebaran. Emang apa aja sih makanan sehat ibu hamil saat lebaran?

  1. Makan buah dan sayuran

Bunda pasti tahu deh kalau makanan khas lebaran nggak pernah lepas dari makanan tinggi lemak seperti kue-kue manis. Belum lagi hidangan utamanya seperti opor ayam dengan kuah santannya. Saat Bunda sedang hamil, Bunda tetap bisa kok menikmatinya. Tapi ingat, jangan berlebihan yaaa. Kalau Bunda masih lapar, Bunda bisa memakan buah dan sayuran. Bunda juga bisa kok mengonsumsi buah sebelum makanan lainnya agar tidak konsumsi berlebih.

  1. Berkonsultasi dengan dokter atau bidan

Bunda akan mengonsumsi makanan-makanan yang jarang-jarang Bunda makan, maka ada baiknya Bunda mengonsultasikannya dengan dokter atau bidan. Supaya Bunda tau nih apa aja sih yang boleh Bunda makan dan enggak saat lebaran. Hihi, berkorban sedikit buat Si Kecil pasti udah biasa ya, Bun!

  1. Selalu minum air putih

Salah satu makanan sehat ibu hamil saat lebaran adalah air putih. Lho? Iya dong, Bun! Selama hamil selalu usahakan untuk banyak minum air putih. Kebutuhan cairan Bunda adalah setidaknya 8-10 gelas per hari atau setara dengan dua liter air sehari.

Bunda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan seperti apakah perlu Bunda tambah atau kurangi konsumsi air putihnya. Bunda bisa mengonsultasikannya terlebih dahulu berapa kebutuhan asupan cairan Bunda.

  1. Batasi makanan manis

Siapa yang suka makanan dan minuman manis?

Saat lebaran tentu ada banyak kue-kue yang manis dan sayang banget untuk dilewatkan. Namun ketika Bunda hamil, kandungan gula tentu dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Hal ini bakalan meningkatkan risiko diabetes gestasional. Diabetes gestasional adalah penyakit yang memicu timbulnya gangguan kehamilan, yaitu preeklamsia.

Preeklamsia adalah gangguan kehamilan dengan gejala tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi dalam urine. Tentu nggak baik karena kondisi ini dapat membahayakan organ vital seperti ginjal dan hati.

  1. Konsumsi suplemen dan obat dari dokter

Kesehatan Bunda dan Si Kecil dalam janin adalah yang paling penting. Karenanya selalu ingat untuk mengonsumsi vitamin dan obat yang telah diberikan oleh dokter. Bila perlu, Bunda bisa membuat alarm agar tidak lupa.

 

Nah, sebenarnya enggak ada makanan lebaran yang benar-benar dikhususkan seperti makanan sehat ibu hamil saat lebaran, ya? Bunda hanya perlu membatasi jumlah konsumsi makanan serta fokus pada makanan dan minuman dengan nutrisi yang dibutuhkan.

Semoga informasi dari Omiland bermanfaat ya, Bunda!

No Comments

Post A Comment