Cara Naikkan Berat Badan Si Kecil Dengan Aman

cara menaikkan berat badan bayi

Cara Naikkan Berat Badan Si Kecil Dengan Aman

Salah satu perjalanan yang kadang bikin sebel dan khawatir saat menjadi Bunda adalah saat berat badan Si Kecil belum bertambah. Umumnya bayi baru lahir apalagi yang memimum ASI cukup akan secara konsisten mengalami penambahan berat badan. Makanya cara menaikkan berat badan bayi penting banget buat Bunda ketahui.

Saat Si Kecil memasuki masa MPASI kondisinya akan lebih beragam. Ada bayi yang mengalami penambahan berat badan tapi tidak sedikit juga yang beratnya stagnan. Informasi buat Bunda juga nih kalau di masa 1000 hari pertama kehidupan Si Kecil sangat penting agar Bunda memberinya nutrisi yang cukup. Karena pada masa ini tengah terjadi pembentukan otak dan organ penting lainnya.

Kalau berat Si Kecil tidak juga bertambah maka perlu ada yang Bunda lakukan. Simak cara menaikkan berat badan bayi berikut ini:

  1. Memberinya ASI Ekslusif

Salah satu cara menaikkan berat badan bayi yang penting buat Bunda ketahui adalah memberinya ASI secara ekslusif. Cara ini juga efektif buat menambah berat bayi yang lahir prematur, lho. Memberi Si Kecil ASI secara ekslusif akan membantunya menjaga kesehatan dan kekuatan serta melindunginya dari infeksi. Penting juga buat Bunda untuk menaikkan kualitas ASI dan MPASI.

  1. Memijat untuk Nafsu Makan Bayi

Ada metode pijat yang dapat digunakan buat menambah nafsu makan bayi, lho. Biasanya sih dilakukan oleh tukang pijat ahli, Bun. Pijat enggak hanya dapat menambah nafsu makan Si Kecil tpai juga melancarkan pencernaan dan tentu bisa menaikkan berat badan Si Kecil.

  1. Memberinya Banyak Variasi Nurisi

Memberikan Si Kecil nutrisi yang bervariasi dapat mengoptimalkan cara menaikkan berat badan bayi dalam dua tahun pertama kehidupan. Makanya Lembaga kesehatan dunia (WHO) menyarankan buat memberi bayi ASI selama dua tahun! Untuk mengusahakan banyaknya ASI, Bunda dapat melakukan pompa ASI sebelum menyusui. Dan untuk MPASI, Bunda juga dapat mencoba mengenalkan berbagai rasa dan sensasi pada Si Kecil.

  1. Disiplinkan Waktu Makan Si Kecil

Jadwal makan yang rutin terutama saat Si Kecil sudah memasuki fase MPASI berpengaruh dalam cara menaikkan berat badan bayi. Waktu makan yang teratur akan membuat penyerapan gizi Si Kecil dapat optimal. Awalnya mungkin sulit ya, Bun. Karenanya Bunda bisa coba mulai dengan menerapkan waktu makan yang tepat denan rutin selama rentang waktu tertentu.

Misalnya Bunda menetapkan pukul 7 pagi sebagai waktu sarapan, jam 10 pagi untuk cemilan, jam 12 siang untuk waktu makan siang, pukul 4 sore sebagai waktu cemilan dan diakhiri dengan makan malam pada jam 7 malam.

Bila beratnya naik pada rentang waktu yang Bunda tentukan seperti dalam sebulan, maka Bunda bisa melanjutkan jadwal dengan pembagian waktu tadi.

  1. Berikan Si Kecil Makanan Penambah Berat Badan

Berikan Si Kecil MPASI yang bergizi dan seimbang sesuai dengan usianya. Bunda harus selalu memperhatikan porsi, takaran, tektur, serta jenis makanan yang diolah. Upayakan untuk menghidangkan makanan yang menarik dan bervariasi untuk menambah selera makan Si Kecil. Cara ini juga bisa Bunda lakukan ketika Si Kecil melakukan gerakan tutup mulut (GTM).

Variasi makanan yang bisa menambah berat badan Si Kecil adalah makanan yang tinggi protein seperti daging sapi, ayam, ikan, telur, produk susu, lemak, dan minyak. Namun perlu diingat makanan-makanan ini dapat Bunda dapat berikan saat usianya sudah cukup ya. Seperti ikan, telur, dan susu baru dapat Bunda beri pada

  1. Posisi Menyusui yang Tepat

Cara menaikkan berat badan bayi selanjutnya adalah melakukan posisi yang tepat. Hal ini bertujuan agar Bunda dapat memberikan ASI optimal dan Si Kecil tidak hanya menggigit putting Bunda.

Posisi menyusui yang paling tepat adalah cradle position. Posisi ini Bunda lakukan dengan lengan Bunda menopang Si Kecil di payudara. Kepala Si Kecil akan berada di dekat siku Bunda. Dan lengan Bunda akan menopang tubuh si Kecil dari leher hingga punggung.

Bunda bisa melakukan cradle position dengan maksimal menggunakan Bantal Menyusui Feather Series dari Omiland, lho! Dengan menggunakan bantal menyusui, posisi Si Kecil akan lebih tinggi dan akan semakin dekat dengan tubuh Bunda. Jadi Bunda enggak perlu membungkukkan badan.

Cek juga Bantal Menyusui lainnya di sini.

mencuci bantal menyusui

 

Itu dia cara-cara yang dapat Bunda lakukan untuk menaikkan berat badan bayi. Namun bila Bunda masih bingung maka tentu Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter yang sudah Bunda percayakan, ya. Tetap semangat, Bun!

 

No Comments

Post A Comment