Variasi Cemilan Sehat Dan Aman Buat Bumil

cemilan sehat bumil

Variasi Cemilan Sehat Dan Aman Buat Bumil

Saat Bunda hamil dan sudah memasuki trimester dua atau trimester ketiga, Bunda biasanya akan merasa lebih lapar dari biasanya dan nafsu makan jadi meningkat. Bunda perlu ingat adalah untuk makan teratur dan diselingi dengan cemilan. Tapi cemilan apa yang sehat buat bumil?

Hmmm.

Gorengan, seblak, baso, atau makanan instan lainnya nggak punya nutrsi yang baik buat janin. Apalagi cemilan โ€“ cemilan tersebut menambah kalori yang bisa membuat Bunda obesitas dan berisiko meningkatkan gangguan kesehatan yang lain.

Apalagi Bun obesitas saat hamil tidak baik karena dapat menimbulkan beberapa peyakit yang membayahakan saat hamil serta meningkatkan risiko melahirkan secara sesar. Karenanya perlu banget nih Bun buat bijak dalam memilih cemilan sehat dan juga aman buat bumil.

Apa aja ya?

  1. Overnight oats

Bunda pasti sering denger soal overnight oats. Makanan yang merupakan campuran dari berbagai jenis bahan lainnya yang lalu Bunda dinginkan di kulkas ini memang harus disimpan selama semalam atau overnight dan bisa Bunda makan hari ebrikutnya.

Kalau Bunda suka cari-cari resep oat pasti sering banget menemukan overnight oats ini. Makanan ini memang jadi populer sebagai pilihan menu sarapan karena selain rasanya enak juga menyehatkan. Bahan yang ada dalam overnight oats ini bisa Bunda pilih sendiri seperti susu, yoghurt, dan buah-buahan favorit Bunda. Bisa juga ditambah topping seperti bubuk cokelat atau selai kacang.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan sangat bagus buat kesehatan janin, Bunda. Oke banget deh buat ganti cemilan yang nggak sehat. Bunda bisa coba kacang almond, edamame, kacang kenari, atau kacang mede. Kacang-kacangan sangat bermanfaat karena mengandung asam folat dan protein. Bahkan bagus juga buat produksi ASI Bunda.

  1. Bubur kacang hijau

Tukang bubur kacang hijau masih suka lewat di depan rumah Bunda, kah? Makanan yang satu ini bisa jadi cemilan sehat buat bumil. Kacang hijau sangat baik buat janin karena mengandung banyak vitamin, asam folat, dan serat. Bunda juga bisa mengganti santan dengan susu supaya makin sehat. Kandungan jahe dalam bubur kacang hujau juga baik buat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Roti gandum

Roti gandum dengan selai kacang udah jadi perpaduan camilan sehat yang pas buat bumil. Nggak cumaย  mengadung karbohidrat tapi juga mengandung serat yang Bunda butuhkan waktu hamil. Tapi jangan lupa pilih selai kacang yang rendah gula ya agar kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi.

Selain varian roti isi selai kacang, Bunda bisa mencoba roti isi salad telur atau selada dan daging.

  1. Salad buah

Bunda pasti sudah akrab banget sama cemilan sehat yang satu ini karena sudah banyak banget di aplikasi-aplikasi antar makanan. Salad buah juga bisa Bunda buat sendiri dengan mencampur buah yang Bunda suka dengan yogurt.

 

Nah, itu dia saran cemilan sehat bumil yang bisa Omiland berikan. Selain bahannya mudah didapatkan juga bisa Bunda buat sendiri. Selain lebih hemat juga bisa Bunda sesuaikan dengan kebutuhan nutrisi plus makanan favorit Bunda! Selamat mencoba, Bun.

No Comments

Post A Comment