Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Imunisasi Di Masa Pandemi

perlengkapan saat imunisasi

Perlengkapan Yang Harus Dibawa Saat Imunisasi Di Masa Pandemi

Segala aktivitas kita jadi berubah nih karena pandemi Covid-19. Tak terkecuali imunisasi Si Kecil yang masih bayi. Mungkin ada Bunda yang masih ragu mengikuti jadwal imunisasi karena takut Si Kecil tertular ketika pergi ke puskesmas atau rumah sakit. Namun Ikatan Dokter Anak Indonesia menginstruksikan jadwal imunisasi tetap berjalan sesuai jadwalnya. Karenanya ada perlengkapan penting yang harus Bunda bawa saat imunisasi!

  1. Buku KIA

Buku KIA atau buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) sudah jadi buku sakti Bunda sejak hamil. Betul nggak, Bun? Buku berwarna merah keluaran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia sangat penting buat memantau perkembangan dan kondisi kesehatan baik Bunda maiupun Si Kecil.

Buku KIA harus Bunda ketika hendak membawa Si Kecil imunisasi agar dokter dapat memeriksa kesehatan Bunda dan Si Kecil sebelum imunisasi. Dengan buku KIA juga Bunda akan lebih mudah dalam mengonsultasikan kesehatan Si Kecil. Karenanya jangan sampai lupa ya, Bun!

  1. Protokol kesehatan

Salah satu yang berubah gara-gara pandemi adalah bertambahnya barang bawaan Bunda saat bepergian apalagi bareng Si Kecil untuk kegiatan urgensi tinggi seperti imunisasi. Jangan lupa membawa handsanityzer dan face shield bayi kalau Si Kecil masih berusia di bawah 2 tahun. Selain itu pastikan Bunda dan Si Kecil berjarak minimal 1 meter dengan orang lain.

Bunda juga bisa mengajari Si kecil menucuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan aair mengalir selama 20 detik. Jika Bunda dan Si Kecil harus makan, bawalah peralatan dan MPASI dari rumah.

  1. Gendongan

Ketika berada di rumah sakit, Si Kecil biasanya sudah dapat merasakan perbedaan dan bisa mulai rewel. Karenanya Bunda butuh membawa gendongan untuk mendekap erat Si Kecil dalam gendongan dan membuatnya lebih tenang baik sebelum imunisasi maupun sesudah imunisasi.

Bunda bisa membawa Gendongan Ransel Panda Series, lho! Selain stylish juga nggak akan membuat Bunda pegal saat menggendong Si Kecil selama menunggu imunisasi. Bahannya nyaman sehingga Si Kecil nggak akan makin rewel.

  1. Mainan favorit Si Kecil

Si Kecil bisa mengingat situasi yang membuatnya tidak nyaman. Berada di dokter apalagi pernah merasakan imunisasi sebelumnya akan membuat Si Kecil merasa takut dan gelisah. Karenanya penting buat Moms membawa mainan favoritnya seperti boneka, rattle, atau bahkan selimut favoritnya agar ia merasa tenang.

  1. ASI dan MPASI

Selalu membawa stok ASI dan MPASI penting agar Si Kecil tetap tenang baik sebelum mapun sesudah imunisasi. Karena apabila Si Kecil lamar dan haus, ia bisa saja menjadi tambah rewel. Pada banyak kasus demam terjadi setelah bayi diimunisasi, karenanya Si Kecil sangat butuh ASI atau cairan untuk mengembalikan suhu normalnya.

 

Nah itu dia perlengkapan yang harus Bunda bawa saat Si Kecil imunisasi. Jadi jangan khawatir untuk membawa Si Kecil imunisasi, ya! Setelah imunisasi, langsung kembali ke rumah ya Bun karena ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah.

Bila Bunda masih memiliki pertanyaan terkait imunisasi di masa pandemi, Bunda bisa bertanya secara online kepada dokter anak kepercayaan Bunda!

No Comments

Post A Comment