Ini Dia Cara Merawat Kulit Bayi Yang Masih Sensitif

cara merawat kulit bayi

Ini Dia Cara Merawat Kulit Bayi Yang Masih Sensitif

Kulit bayi yang masih sensitif bikin Bunda bingung nih gimana cara merawatnya.. Wajar kok Bun kebingungan bagaimana cara merawat kulit bayi. Simak artikel ini untuk tahu caranya lebih lengkap yuk!

Sama seperti kita, kulit Si Kecil juga perlu dirawat. Apalagi kulitnya masih tipis sehingga lebih halus dan juga sensitif daripada kulit Bunda. Makanya Si Kecil bisa lebih rentan terhadap perubahan lingkungan seperti perbedaan kelembaban dan suhu udara.

Masalah kulit nggak jarang bikin Bunda panik. Sebenarnya masalah kulit cukup umum terjadi pada tahun pertama kehidupan Si Kecil. Bunda mungkin sering melihat bentol karena gigitan nyamuk yang memerah, ruam, atau bahkan iritasi pada kulit Si Kecil.

Lantas bagaimana cara merawat kulit Si Kecil ya?

  1. Mandikan Si Kecil pada waktunya

Pada waktunya di sini artinya pada waktu yang tepat. Bayi perlu mandi setidaknya dua sampai tiga kali seminggu dengan air hangat. Mandi dengan air hangat ini berguna membantu kotoran pada kulit terangkat lebih mudah dan membuat Si Kecil tidur nyenyak. Air hangat juga dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu menstimulasi motorik bayi, lho!

  1. Gunakan sabun dan deterjen khusus bayi

Cara merawat kulit bayi yang selanjutnya adalah menggunakan sabun mandi khusus bayi. Usahakan pula menggunakan deterjen khusus bayi untuk mencuci pakaian Si Kecil. Sabun mandi serta deterjen khusus bayi biasanya memiliki tingkat pH, kandungan pelembab, dan kandungan parfum yang tepat untuk bayi.

  1. Memperhatikan bahan-bahan yang bersentuhan dengan Si Kecil

Bahan kain tersebut bisa jadi pada kasur bayi, bantal menyusui, selimut, pakaian, sampai gendongan Bun! Selalu pilih produk dengan tulisan “100% cotton” seperti Omiland karena sudah pasti lembut sehingga tidak akan membuat kulit Si Kecil iritasi.

  1. Pakaikan selalu popok bersih

Dari rajin mengganti popok, sebenarnya Bunda sudah merawat Si Kecil dengan baik. Popok yang lembab berpotensi memunculkan ruam. Bunda bisa memeriksa popok sesering mungkin. Cuci area yang dipakaikan popok dengan pembersih ringan serta kain bersih.

  1. Pijat Si Kecil

Ternyata memijat bisa jadi cara merawat kulit bayi, Bun! Memijat kulit bayi dapat melancarkan aliran darah serta menjaga kulit Si Kecil tetap sehat. Kegiatan memijat juga dapat merangsang system saraf pusat Si Kecil. Sentuhan fisik pada Si Kecil akan mengirimkan sinyal ke otaknya untuk memproduksi lebih banyak endorfin dan serotonin. Yaitu hormon yang membuat perasaan bahagia dan nyaman.

 

Nah, sudah jelas kan Bun bagaimana merawat kulit bayi? Bila Bunda masih ragu dan bingung, Bunda bisa mengonsultasikannya ke dokter anak terpercaya ya!

No Comments

Post A Comment