Ketidaknyamanan Yang Normal Terjadi Saat Bunda Hamil

ketidaknyamanan saat hamil

Ketidaknyamanan Yang Normal Terjadi Saat Bunda Hamil

Bunda yang baru pertama kali hamil mungkin suka bingung nih kenapa ya rasana kok nggak nyaman ya.. Ketidaknyamanan yang Bunda rasakan saat hamil normal terjadi karena perubahan hormon, Bun. Karenanya agar tidak panik dan khawatir, kita kenali apa saja ketidaknyamanan yang normal terjadi saat hamil yuk! 

Ketidaknyamanan Saat Hamil

Morning sickness

Siapa nih Bun yang sering mual apalagi di pagi hari? Bahkan nggak cuma pagi tapi juga malam? Kondisi bumil tentu berbeda-beda. Ada juga bumil yang sama sekali enggak merasakan mual. Para ahli pun tidak dapat menentukan dengan tepat apa yang menyebabkan morning sickness. 

Buat Bunda yang mengalami morning sickness, Bunda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Bunda bisa meminum teh jahe atau permen jahe. Selain itu selalu minum air putih yang cukup ya, Bun!

Sembelit

Sembelit atau konstipasi terjadi pada lebih dari 70% wanita hamil.  Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon, rahim yang mengembang dan memberi tekanan pada usus di sekitarna, atau terjadi karena peningkatan zat besi. 

Solusi dari ketidaknyamanan ini adalah memakan makanan yang tinggi serat seperti alpukat, oatmeal, kacang polong, kacang hitam, atau almond.

Minum air putih setidaknya 8 gelas air setiap hari juga dapat membantu mengatasi sembelit, Bun. 

Kurang energi

Kurang energi berkaitan dengan asupan energi, Bun. Gejalanya adalah mudah merasa lelah terutama di trimester pertama dan ketiga. Karenanya Bunda hanya ingin meringkuk dan tidur siang. 

Organ tubuh Bunda bekerja dua kali lipat dengan memproduksi banyak darah untuk memberi nutrisi pada janin sehingga meningkatkan kinerja jantung dan organ-orang lainnya. Bunda dapat mengatasinya dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung zat besi seperti kacang kering, daging merah, bayam, atau oatmeal agar tidak terjadi anemia.

Selain makanan yang kaya zat besi, Bunda juga harus mengonsumsi makanan yang kaya kalium seperti pisang, kentang, dan sayuran hijau. 

Sakit perut

Sakit perut di sini adalah mulas karena terjadi gangguan pencernaan. Bahkan 50% dari ibu hamil mengalami sakit maag terutama di trimester kedua dan ketiga. Saat Bunda merasa kenyang, kelebihan gas, atau kembung berarti Bunda sedang mengalami gangguan pencernaan lho. 

Atasi dengan mengonsumsi 6 makanan kecil sepanjang hari agar perut Bunda tidak begah. Hindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur agar asam lambung Bunda tidak naik. Beri jarak waktu setidaknya 2-3 jam sebelum tidur. 

Insomnia 

Apakah Bunda merasa sulit tidur? Rupanya ada 78% wanita hamil yang melaporkan gangguan tidur selama kehamilan, lho. Perubahan hormon adalah salah satu alasan terbesar kenapa Bunda mengalami gangguan tidur seperti insomnia. 

Sakit perut, mual, atau nyeri juga dapat menyebabkan Bunda kurang tidur. Insomnia pastinya membuat Bunda merasa tidak nyaman. Bunda bisa mengatasi ketidaknyamanan lainnya plus rencanakan waktu tidur. Coba juga untuk berolahraga sekitar 30 menit setiap hari. Enggak perlu berat-berat kok, Bun. Bunda bisa coba dengan jalan santai. 

Rasa ketidaknyamanan Bunda juga bisa banget berkurang dengan menggunakan bantal khsusu ibu hamil untuk menopang perut dan punggung. Selain meredakan rasa tidak nyaman pada tubuh juga dapat memperlancar aliran darah sehingga tidur Bund abisa lebih nyenyak. 

Bunda bisa pilih Bantal Hamil dari Omiland seperti Panda Series dan Feather Series. Bagian luarnya menggunakan bahan katun yang pastinya adem dan nyaman di kulit Bunda. Selain itu isiannya juga awet lho hingga bisa digunakan untuk Si Kecil belajar duduk atau jadi pembatas tidur Si Kecil saat sudah lahir nanti! 

 

Nah, ketidaknyamanan saat hamil tentu akan berbeda-beda tergantung dari kondisi masing-masing Bunda. Bunda tidak perlu panik dan tetap tenang yaa! 

No Comments

Post A Comment