Aman Berpuasa Saat Bunda Menyusui

menyusui saat puasa

Aman Berpuasa Saat Bunda Menyusui

Enggak kerasa ya kita udah ketemu lagi dengan Bulan Ramadhan! Bulan suci yang ditunggu-tunggu banget sama umat Muslim. Enggak sedikit Bunda yang menyusui tapi tetap rindu buat berpuasa, tapi jadi bingung sendiri.. Boleh nggak ya menyusui saat puasa?

Soalnya saat Bunda berpuasa, tubuh akan kehilangan lebih banyak cairan dengan berubahnya pola makan dan juga pola tidur. Bunda mungkin bertanya-tanya juga apakah produksi ASI akan berpengaruh pada Si Kecil jika Bunda berniat untuk berpuasa.

Faktanya, Bunda nggak perlu khawatir kok! Jika Bunda memang mengalami penurunan berat badan karena menyusui saat puasa, kondisi ini akan memengaruhi kandungan lemak dalam ASI. Banyak atau tidaknya ASI tidak akan berpengaruh apapun.

Jika Bunda hendak menyusui saat berpuasa, berikut tips-tipsnya:

Tips Bunda Untuk Menyusui Saat Puasa

  1. Perhatikan asupan saat sahur

Sebelum Bunda mulai berpuasa, tentu saja Bunda akan menjalani sahur. Penting banget buat memenuhi kebutuhan nutrisi Bunda saat sahur. Bunda bisa memilih makanan yang baik buat dikonsumsi ibu menyusui seperti katuk, bayam, ikan salmon, telur, daging tanpa lemak, atau pun kaang merah. Bunda juga bisa menambahkan suplemen seperti vitamin D saat sahur yang juga bagus untuk ibu menyusui. Setelah itu Bunda bisa banyak minum air putih agar kuat berpuasa seharian.

  1. Jangan sampai dehidrasi

Jangan memaksakan diri bila Bunda mengalami gejala dehidrasi, ya! Karena sesungguhnya berpuasa tidak berbahaya saat Bunda menyusui. Namun dehidrasi tentu berbahaya. Jangan lanjutkan puasa jika Bunda mengalami pusing, lemas, lelah, atau mulut kering. Segera batalkan puasa Bunda dengan mengonsumsi air atau cairan yang mengandung elektrolit.

  1. Siapkan ASIP lepas berbuka

Usahakan untuk memerah ASI dan membuat stok ASIP saat sudah berbuka puasa. Sehingga saat Si Kecil butuh menyusui di jam puasa, Bunda sudah memiliki cadangan ASIP.

  1. Membuat catatan nutrisi

Jika Bunda kebingungan karena banyak mengjalankan tugas di rumah dan mungkin bekerja di kantor, Bunda bisa membuat catatan apa saja makanan dan minuman yang Bunda konsumsi selama berpuasa. Bunda dapat mengukur apakah kebutuhan nutrisi dan cairan Bunda sudah mencukupi. Sebuah studi menunjukkan bahwa selam berpuasa kandungan potasium, magnesium, dan zinc yang terkandung di dalam ASI dapat berkurang. Bunda bisa mengonsumi makanan dan cairan tersebut agar kebutuhan nutrisi Si Kecil juga terpenuhi!

  1. Jangan memaksakan jika tidak sanggup

Tips menyusui saat puasa selanjutnya adalah jangan memaksakan diri. Hanya Bunda yang mengerti situasi dan kondisi Bunda. Bunda akan tahu kapan Bunda tidak sanggup melanjutkan dan tidak. Bukan karena omongan orang lho, ya! Beribadah di bulan ramadhan tidak hanya berpuasa kok tapi juga bersedekah dan lainnya.

 

Bila Si Kecil berusia di bawah 6 bulan atau sedang membutuhkan ASI ekslusif, Bunda bisa mengonsultasikannya kepada dokter bila Bunda memutuskan untuk ikut berpuasa. Marhaban ya Ramadhan, Bun.

 

Dapatkan diskon menarik produk Omiland di Official Store selama bulan Ramadhan!

No Comments

Post A Comment