Tahap Tumbuh Kembang Si Kecil Di Awal 12 Bulan

tahapan tumbuh kembang bayi

Tahap Tumbuh Kembang Si Kecil Di Awal 12 Bulan

Dalam waktu yang singkat, Si Kecil yang baru lahir berkembang sangat pesat. Huuuh rasanya baru kemarin mengandung. Kenali yuk tahap tumbuh kembang bayi yang harus diperhatikan oleh Bunda. Dengan mengenali tahap tumbuh kembangnya, Bunda dapat memberikan stimulasi atau rangsangan yang tepat untuk membantu proses pertumbuhannya.

Selain itu, Bunda dapat memperhatikan dan mengenali apabila ada gangguan pada Si Kecil. Apa saja ya tahap-tahapnya?

Bayi Baru Lahir

Di tahap pertama ini, Si Kecil akan kehilangan 10% berat badannya. Lalu akan kembali ke beratnya yang awal saat masuk minggu kedua. Si Kecil juga akan bertambah 30 gram setiap hari. Tingginya akan bertambah hingga 3-4cm. Selain tubuhnya, lingkar kepalanya juga akan bertambah hingga 2,5 cm. Bunda akan mendapati mata Si Kecil belum fokus karena perkembangan matanya sedang berjalan.

Bayi 1-3 Bulan

Memasuki tahap kedua, berat Si Kecil bakal bertambah sekitar 680-910 gram setiap bulan. Panjang badannya bertambah 2,5cm dan lingkar kepalanya bertambah 1,25cm setiap bulan. Wah cepet ya Bun rasanya?

Pada tahapan ini, Si Kecil bisa mengangkat kepalanya saat dalam posisi tengkurap. Matanya yang belum fokus di tahap pertama akan merespons dengan mengikuti gerakan benda dan cahaya yang ada di sekitarnya. Karenanya Si Kecil cenderung melihat warna yang mencolok.

Si Kecil juga akan memainkan jarinya dengan mengepal dan membuka jarinya. Bunda akan mendapati Si Kecil menggenggam tangan Bunda serta memasukkannya ke dalam mulut. Hihi pasti Si Kecil lagi penasaran tuh. Selain tangan, Si Kecil juga dapat memainkan kakinya.

Responnya terhadap suara juga akan berkembang dan dapat membedakan suara yang dikenal dengan suara lainnya. Makanya saat dipanggil oleh Bunda, pasti Si Kecil bakal merespon. Ia juga akan mengambil benda-benda yang menggantung meski belum bisa menggapainya. Inilah saat yang tepat untuk Moms memberinya mainan gantung di atas boks bayi.

tahap tumbuh kembang bayi

Bayi 4-6 Bulan

Tahapannya di 4-6 bulan, berat Si Kecil akan 2 kali beratnya saat lahir. Tinggi atau panjangnya bertambah sekitar 1,23-2,5cm per bulan. Lingkar kepalanya juga bertambah sekitar 1,24 cm per bulan.

Dalam tahapan ini Si Kecil merespon kepada orang asing dengan tersenyum. Kerabat atau teman Bunda pasti seneng banget ngajak Si Kecil ngomong. Selain tersenyum, Si Kecil juga dapat melakukan kontak mata dengan sekitar. Ocehannya sudah mulai terdengar meski satu atau dua kata. Sudah bisa diajak jalan-jalan dengan gendongan karena sudah bisa menopang kepalanya.

Kakinya juga akan menjejak apabila ia diberdirikan.

tahapan tumbuh kembang bayi 6 bulan

Bayi 7-9 Bulan

Pada tahap ini, berat Si Kecil akan bertambah sekitar 450 gram setiap bulan dengan pengenalan akan MPASI. Biasanya bayi laki-laki akan lebih berat daripada bayi perempuan. Tinggi tubuhnya bertambah 1,25cm dan lingkar kepalanya bertambah 0,6 cm.

Bunda akan sering kejar-kejaran dengan Si Kecil karena dia sudah dapat merangkak. Si Kecil juga dapat duduk dari posisi merangkak tanpa harus Bunda sanggah. Ia juga akan mulai berdiri! Wah momen nggak terlupakan setelah kata pertamanya karena di tahap ini juga Si Kecil dapat berkata “Mama” dengan jelas.

tahap tumbuh kembang bayi

Bayi 10-12 Bulan 

Pada tahap ini, Si Kecil bakal meraih 3 kali berat badan lahirnya pada saat usia 1 tahun. Panjang badan dan lingkat kepalanya akan bertambah sekitar 0,6 cm per bulannya.

Si Kecil sudah bisa memegang benda kecil seperti ibu jari dan telunjuknya. Berdirinya akan semakin kokoh bahkan bisa berjalan tanpa dibantu. Ia juga akan sering menunjuk benda-benda yang diinginkan untuk dapat perhatian. Alias lagi capeeeer banget!

Di usia ini, Si Kecil dapat memberikan respons terhadap pertanyaan seperti pertanyaan “mau dan tidak mau”. Ia juga sudah bisa mengemut makanan dalam mulut.

tahapan perkembangan bayi 1 tahun

5 tahapan tumbuh kembang Si Kecil akan sangat signifikan di tahun pertamanya. Namun tentu akan berbeda untuk setiap bayi, karena itu konsultasikan ke dokter bila Bunda memiliki pertanyaan agar makin paham dengan keadaan Si Kecil. Let’s grow with love!

No Comments

Post A Comment