Inilah Cara Atasi Si Kecil Menangis yang harus Dads tahu!

Image by javi_indy on Freepik

Si Kecil menangis merupakan salah satu cara ia berkomunikasi di saat ia belum bisa bicara. Ketika Si Kecil tantrum atau menangis bisa saja karena Si Kecil lapar, ingin pipis, ingin buang air besar, mengantuk, bahkan bosan.

Baca Juga : Berapa usia Ideal untuk Hamil?

Sebagai Dads yang keren, pasti ingin banget membantu Moms mengurus Si Kecil kan? Apalagi Moms kelihatan capek banget setelah seharian mengurus Si Kecil. Tapi suka kebingungan nih pas Si Kecil nangis. Apa yang harus Dads lakukan untuk membantu Moms meredakan tangis Si Kecil?

Cara Mengatasi Si Kecil Menangis

Menenangkan Si Kecil saat menangis memang butuh keterampilan. Dads bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Mencari penyebab Si Kecil menangis

Kita tak bisa langsung paham kenapa Si Kecil menangis. Karenanya Dads bisa mengecek kira-kira apa yang sedang diinginkan atau dirasakan Si Kecil. Hal ini memang agak sulit dilakukan , tapi untuk mengetahui cirinya, Dads bisa belajar kok!

Dekatkan jari Dads ke sekitar mulut Si Kecil. Jika ia terlihat mencari jari Dads lalu menghisapnya, maka Dads bisa menyimpulkan bahwa Si Kecil sedang lapar. Jika tidak, Dads harus mencari penyebab lain. Periksa popoknya apakah popoknya basah atau kotor. Segera ganti popoknya agar Si Kecil menjadi tenang kembali.

  1. Gendong dan ayun tubuh Si Kecil perlahan

Moms akan secara insting menggendong Si Kecil ketika ia menangis. Tapi Dads juga bisa melakukannya kok! Perlu Dads ketahui bahwa menggendong dan mengayun dengan gerakan konstan akan mengingatkan bayi pada kondisi saat di rahim Moms sehingga ia akan lebih tenang.

Dads juga bisa menggendongnya dengan gendongan. Detak jantung Dads juga akan membuat Si Kecil tenang, lho!

  1. Alihkan perhatian Si Kecil saat Si Kecil menangis

Buat Si Kecil tidak fokus pada ketidaknyamanannya. Dads bisa ajak dia main dengan mainan kesukaanya.

  1. Biarkan Si Kecil sejenak

Saat ingin di perhatikan Si Kecil bisa saja menangis. Tidak apa-apa buat Dads membiarkan ia menangis beberapa saat. Setelah Si Kecil mendapat perhatian yang ia butuhkan, Dads bisa mengajaknya bermain!

Baca Juga : Sebelum Menjenguk, Pahami Etika Mengunjungi Bayi Baru Lahir Berikut

Nah, jika Dads dan Moms sudah kebingungan menghadapi tangis Si Kecil maka segera temui dokter anak. Bisa saja tangisan Si Kecil disebabkan oleh hal yang tidak normal seperti infeksi atau kolik. Semangat menjadi Dads yang  keren ya, Dads!

Category:
Bayi Keluarga

Leave a Comment