Sebelum Menjenguk, Pahami Etika Mengunjungi Bayi Baru Lahir Berikut

Kelahiran tentu menjadi momen bahagia bagi setiap orang. Enggak terkecuali kita sebagai teman atau kerabat dari orang yang baru saja melahirkan. Kabar gembira yang tentu membuat kita ingin segera berkunjung dan bertemu dengan bayi yang baru lahir. Tapi tahukah Moms bahwa ada etika mengjungi baru lahir?

Baca Juga: Jangan Panik, Perhatikan Beberapa Tanda Si Kecil Cukup ASI

Ada hal – hal yang perlu Moms perhatikan juga persiapkan sebelum kedatangan, lho.

Tips mengunjungi bayi baru lahir

  • Infokan kedatangan Moms

Daripada memberi kejutan kepada teman atau keluarga yang bersangkutan, lebih baik menginformasikan terlebih dahulu kedatangan Moms. Sebab kedatangan yang tiba – tiba malah akan membuat teman atau keluarga yang kita kunjungi malah kerepotan. Sebelumnya, atur dahulu jadwal kedatangan Moms dan tanyakan kapan Moms bisa berkunjung.

  • Jangan sembarangan menyentuh atau mencium bayi

Bayi baru lahir tentu sangat menggemaskan hingga Moms pingin menyentuh, menggendong, atau menciumnya. Tapi perlu Moms ingat bahwa kekebalan tubuh bayi baru lahir masih lemah belum berkembang sempurna. Hingga bayi yang lahir lebih rentan terkena infeksi bakteri atau vitus yang mungkin dibawa oleh Moms.

Bahkan jika teman atau keluarga mengizinkan Moms menyentuh atau menggendong bayi, ingat untuk selalu mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer sebelum melakukannya. Jika Moms sedang sakit pilek, batuk, sakit tenggorokan, atau menderita penyakit menular lainnya, lebih baik tunda waktu berkunjung.

  • Jangan ragu untuk membantu

Jika Moms sedang mengunjungi keluarga atau teman yang hubungannya sudah cukup dekat, jangan sungkan untuk membantu. Moms bisa membantu mencuci piring kotor yang menumpuk atau melipat baju.

Ibu yang baru melahirkan pasti merasa kelelahan apalagi jika harus mengurus bayi seorang diri. Jadi jangan ragu untuk melakukan apa saja yang bisa Moms lakukan saat berkunjung ke rumahnya.

  • Hindari menanyakan hal spesifik

Saat mengjenguk ibu yang baru melahirkan, ingat untuk selalu menjadi perseptif. Hati – hati dalam berkomentar atau mengajukan pertanyaan. Misal hindari menanyakan soal pilihan metode melahirkan atau memberi ASI ekslusif atau tidak. Sebab meski tampak sederhana, pertanyaan tersebut bisa menjadi sensitif dan membuat keluarga atau teman yang bersangkutan jadi tidak nyaman untuk menjawab.

  • Jangan membanding – bandingkan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, etika mengunjungi bayi baru lahir selanjutnya adalah jangan banyak bercerita mengenai pengalaman Moms saat melahirkan dan merawat Si Kecil. Apalagi jika sudah terang – terangan membanding – bandingkan. Akan lebih baik jika Moms mendengarkan cerita juga pengalamannya sebagai ibu baru. Jika memang ditanya, barulah Moms dapat memberikan jawaban jujur serta tidak menggurui.

  • Membawa makanan atau pemberian lainnya

Moms mungkin akan merasa sungkan jika berkunjung dengan tangan kosong. Nah perhatian biasanya tertuju pada bayi yang baru lahir. Padahal ibu yang baru melahirkan juga membutuhkan perhatian lho! Moms bisa memberikan banyak hal. Seperti makanan, perlengkapan skincare, atau juga kebutuhan yang mendukung tumbuh kembang bayi. Kebutuhan yang mendukung tumbuh kembang bayi akan mempermudah aktivitas ibu baru yang sedang menyesuaikan kebutuhannya dan bayinya, Moms.

Baca Juga: Mengenal Strawberry Parents, Gaya Didikan Generasi Kreatif Nan Rapuh

Moms bisa dapatkan semua yang Moms butuhkan untuk hadiah mengunjungi bayi dari Dialogue Baby di Official Store dan Webstore Omiland. Ada berbagai promo menarik yang bisa Moms nikmati lho!

Ternyata ada juga hal – hal yang perlu kita perhatikan saat mengunjungi bayi baru lahir ya, Moms! Semoga tips etika mengunjungi bayi baru lahir ini bermanfaat. –MR

Category:
Bayi Keluarga

1 people reacted on this

Leave a Comment