Si Kecil Suka Makan Pepaya? Apa manfaatnya ya?

Image by Freepik

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin punya banyak manfaat untuk tubuh Moms dan juga Si Kecil. Buah-buahan kaya serat, vitamin, serta mineral-mineral penting yang diperlukan tubuh. Dan salah satu buah yang bermanfaat adalah pepaya. Manfaat makan pepaya juga baik buat Si Kecil yang sudah memulai MPASI-nya.

Tapi tidak banyak dari Moms yang takut nih memberikan puree untuk menu pertama MPASI Si Kecil. Biasanya alasannya adalah takut mengenalkan Si Kecil buah karena bisa mempersulit Si Kecil menyukai buah atau sayur lainnya.

Baca Juga : Siap – Siap Dapat THR, Ini Cara Mengatur THR Lebaran

Perlu Moms ketahui mengenalkan buah atau pepaya untuk MPASI pertama Si Kecil akan membuatnya sulit menyukai buah atau sayur lain adalah mitos, ya! Saat Si Kecil sudah memasuki usia 6 bulan ke atas, Moms bisa segera memberinya buah yang “netral” atau buah yang tidak mengandung banyak gas seperti nangka dan durian.

Buah yang bersifat netral tersebut bisa pepaya, apel, melon, atau pir. Biasanya Si Kecil yang baru memulai MPASI memiliki masalah konstipasi atau sembelit. Manfaat makan pepaya bisa jadi solusi nih ketika Si Kecil sulit BAB. Asalkan pada takaran yang sesuai, Moms.

Manfaat makan pepaya untuk Si Kecil

Makan pepaya dapat melancarkan pencernaan

Moms bisa mencoba memberikan pepaya pada Si Kecil untuk MPASI pertamanya secara bertahap. Coba dahulu dengan satu sendok puree pepaya hingga Si Kecil terbaisa dengan rasanya. Kemudian baru bisa Moms berikan dalam porsi makan.

Salah satu manfaat pepaya adalah melancarkan sistem pencernaan Si kecil. Karena pepaya mengandung papain atau enzim yang memecah struktur makanan kompleks.

Memperkuat imun tubuh

Manfaat pepaya selanjutnya adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun tubuh Si Kecil yang kurang baik bisa membuat Si Kecil rentan terserang penyakit. Buah pepaya kaya vitamin C, yaitu nutrisi yang penting buat meningkatkan sistem imunnya.

Menyehatkan kulit dan rambut

Pepaya juga memiliki manfaat bagi kulit, lho. Pepaya berkhasiat menjaga kulit karena kandungan papainnya. Selain itu, karena pepaya mengandung vitamin A pepaya juga bagus untuk merawat rambut. Karena vitamin A dibutuhkan untuk memproduksi sebum sehingga kelembaban rambut pun terjaga.

Baca Juga : Mengenal Strawberry Parents, Gaya Didikan Generasi Kreatif Nan Rapuh

Jadi nggak perlu khawatir lagi untuk memberi makan pepaya sebagai MPASI pertama Si Kecil ya, Moms. Karena pepaya kaya manfaat, asalkan dikonsumsi tidak lebih dari 15 gram per hari. –MR

Category:
Bayi Ibu Keluarga

1 people reacted on this

Leave a Comment