Siap – Siap Dapat THR, Ini Cara Mengatur THR Lebaran

Salah satu yang ditunggu pada bulan Ramadan adalah tunjangan hari raya (THR). Siapa yang enggak senang dapat THR? THR atau tunjangan hari raya adalah pendapatan di luar gaji atau non-upah yang wajib dibayarkan oleh perusahaan tempat Moms bekerja. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan bahwa THR 2023 wajib dibayarkan oleh pengusaha atau perusahaan minimal H-7 lebaran.  Dana tambahan yang diberikan tersebut tentu bermanfaat buat menambah dana untuk kebutuhan pribadi Moms. Karenanya sering terjadi dana THR yang hanya lewat di rekening Moms. Padahal dengan cara mengatur THR Lebaran yang baik, dana tambahan tersebut bisa bermanfaat buat banyak hal.

Baca Juga: Mengenal Strawberry Parents, Gaya Didikan Generasi Kreatif Nan Rapuh

Tips cara mengatur THR dengan bijak

  • Membuat daftar kebutuhan

Langkah pertama cara mengatur THR adalah dengan membuat daftar kebutuhan untuk hari raya Idul Fitri terlebih dahulu. Contohnya mengatur untuk zakat fitrah, sedekah, atau memberi THR kepada keluarga dan saudara.

  • Menyisihkan dana darurat

Daripada langsung menghabiskan semua dana THR, lebih baik Moms alokasikan sebagai dana darurat. Dana darurat adalah simpanan uang yang bisa kita pakai untuk menutup pengeluaran dalam periode waktu tertentu, tanpa ada pemasukan atau tanpa harus berutang saat terjadi krisis.

  • Membayar utang

Langkah selanjutnya adalah membayar utang terlebih dahulu. Karena dengan membayar utang terlebih dahulu maka akan lebih mudah buat Moms mengatur keuangan.

  • Membayar pengeluaran tahunan

Setelah membayar utang, Moms bisa mengalokasikan THR untuk digunakan sebagai dana pembayaran pengeluaran tahunan. Misal untuk membayar uang sekolah atau membayar pajak.

  • Menabung

Sebaiknya sisihkan sebanyak 20-30% dana THR dan masukkan ke dalam rekening tabungan. Hal ini untuk meminimalisir pengeluaran yang besar dan menggunakan dana secukupnya.

  • Investasi

Setelah memenuhi utang, pengeluaran tahunan, dana darurat serta menabung barulah Moms dapat melakukan investasi. Sehingga dana THR dapat bermanfaat untuk di kemudian hari.

  • Membuat catatan cash flow

Mencatat tiap pengeluaran dalam cash flow merupakan bagian penting dalam mengatur keuangan, utamanya dalam cara mengatur THR denan bijak. Cek anggaran dan aliran dana yang sudah ideal atau belum, kemudian Moms bisa menyesuaikan untuk pengeluaran selanjutnya

Baca Juga: Jangan Panik, Perhatikan Beberapa Tanda Si Kecil Cukup ASI
Beberapa tips di atas untuk cara mengatur THR Lebaran di atas juga bisa Moms terapkan pada pendapatan rutin dengan mengurangi daftar kebutuhan dan menyesuikan kebutuhan sehari – hari. Semoga bermanfaat ya, Moms! –MR

Category:
Keluarga

3 People reacted on this

Leave a Comment