Bantal Menyusui Dicuci? Bisa Kok, Bun. Ini Tipsnya

mencuci bantal menyusui

Bantal Menyusui Dicuci? Bisa Kok, Bun. Ini Tipsnya

Bantal menyusui yang sudah dipakai anak pertama bisa dipakai lagi jika dirawat dengan baik, Omifams. Dan salah satu cara merawatnya adalah dengan mencuci bantal menyusui. Bantal menyusui selain dipakai saat mengASIhi juga untuk Si Kecil belajar duduk.

Manfaat Bantal Menyusui

Bantal menyusui adalah bantal yang menjadi alat bantu atau alat support untuk Bunda menyusui Si Kecil atau mengASIhi. Karena ketika menyusui tak hanya soal memberikan ASI kepada Si Kecil, Bun. Tapi juga memposisikan Si Kecil dengan benar agar pemberian ASI menjadi maksimal.

Manfaat dari bantal menyusui yang akan Bunda rasakan adalah:

  • Dapat memudahkan Bunda dalam menyusui Si Kecil
  • Mendekatkan posisi bayi kepada Bunda sehingga terjadi bonding ibu-anak
  • Menghilangkan kemungkinan punggung dan tangan Bunda yang pegal karena proses menyusui
  • Mengamankan bayi agar tidak terjatuh
  • Membuat Si Kecil dan Bunda nyaman

Cara Mencuci Bantal Menyusui

Ketika hendak mencuci bantal menysui, Bunda bisa perhatikan dahulu jenis bahan filling atau pengisi bantal. Seperti Omiland Bantal Menyusui Seri Chevron yang terbuatn dari bahan katun dan polyester khusus dengan pengisi bantak Dacron. Jenis dakron memang menjadi rekomendasi sebagai bahan filling bantal karena empuk sehingga nyaman untuk Bunda dan Si Kecil pakai. Bahan ini juga tidak mudah menyusut dan bisa dicuci.

Berikut adalah cara untuk mencuci bantal menyusui bahan dakron seperti Omiland:

  1. Pastikan seluruh bagian tidak sobek

Sebelum mencuci, Bunda bisa mengecek bagian bantal menyusui. Jika ada bagian yang sobek, Bunda bisa jahit terlebih dahulu agar isian atau filling dacron tidak larut dengan air ketika dicuci nanti.

  1. Gunakan deterjen khusus bayi

Mencuci perlengkapan bayi harus menggunakan jenis bahan deterjen yang lembut. Hal ini dilakukan agar menghindari resiko Si Kecil yang kulitnya masih sensitif menjadi iritasi bila terkena kandungan deterjen biasa. Saat membilas bantal menyusui, bilas berulang hingga tak ada sisa residu sabun atau busa.

  1. Jangan diperas

Saat hendak mengeringkan bantal menyusui, Bunda cukup menekan bantalnya saja ketika basah. Bisa dengan tangan atau dengan papan kayu yang bersih dan bentuknya datar. Jika diperas atau dipelintir, dikhawatirkan bantal menyusui berubah bentuk sehingga tidak nyaman lagi ketika digunakan,

  1. Keringkan dengan sempurna

Keringkan di bawah sinar matahari agar tidak terjadi pertumbuhan jamur di bantal.

 

Jika Bunda ingin mencuci bantal bayi dengan mesin cuci, hal yang dapat Bunda lakukan adalah:

  1. Bantal dalam posisi benar

Artinya bantal ada di keadaan vertikal atau berdiri. Pastikan juga agar bantal menyusui terendam air dengan sempurna.

  1. Membaca aturan pakai

Samakan mode mencuci pada mesin cuci dengan bantal menyusui. Biasanya cucian yang tebal seperti bantal dipilih mode mencuci barang yang berat dan tebal.

  1. Keringkan

Jangan campur bantal menyusui milik Bunda dengan cucian lain saat dikeringkan dengan mesin cuci. Bunda bisa set timer agak lama agar bantal menyusui berisi dakron dapat kering dengan sempurna sebelum dijemur sebentar.

 

Nah, gampang kan mencuci bantal menyusui Bunda? Bisa diaplikasikan untuk mencuci bantal menyusui Omiland loh. Semoga bermanfaat ya, Bun!

No Comments

Post A Comment