Pregnancy Glow Alias Makin Cantik Waktu Hamil

pregnancy glow

Pregnancy Glow Alias Makin Cantik Waktu Hamil

Bunda yang sedang hamil pasti sering dengar kalau Bunda makin cantik? Memang kok! Faktanya kehamilan mendatangkan pregnancy glow. Kulit Bunda akan terlihat berseri dan cerah karena efeknya.

Tapi sebenarnya apa ya Bun yang dimaksud dengan pregnancy glow? Kata โ€œglowingโ€ memang sedang banyak dibicarakan di media sosial belakangan. Ketika Bunda hamil, Bunda tentu mengalami perubahan juga di tubuh Bunda. Begitu juga dengan pregnancy glow.

Semua yang perlu Bunda ketahui soal Pregnancy Glow

Pregnancy glow adalah fenomena ketika kulit Bunda yang sedang hamil terlihat lebih berseri, mengkilap, dan cerah. Perubahan pada kulit Bunda ini akan terasa saat kehamilan Bunda memasuki trimester kedua. Namun ada beberapa bumil yang merasakannya di sepanjang masa kehamilan.

Memang belum diketahui secara pasti mengenai penyebab dari pregnancy glow. Banyak penelitian menyatakan fenomena ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang berubah ketika Bunda hamil. Hormon kehamilan seperti estrogen dan progesteron membuat kelenjar kulit memproduksi lebih banyak sebum sehingga kulit Bunda terlihat bersinar.

Jumlah darah dalam tubuh Bunda yang sedang hamil juga meningkat hingga 50 persen. Peningkatan aliran darah dan sirkulasi darah ini juga dapat menyebabkan kulit Bunda yang sedang hamil cerah dan berseri.

Meski Bunda mendapati pregnancy glow ini, Bunda tetap harus melakukan perawatan agar kulit Bunda tetap berseri meski sudah melewati fase kehamilan. Simak yuk tips-tips merawat kulit Bunda selama hamil berikut:

  1. Selalu membersihkan wajah dengan cleanser

Sama seperti tubuh, wajah Bunda juga harus rutin dibersihkan. Apalagi ketika hamil, produksi minyak atau sebum meningkat sehingga bisa saja memicu pertumbuhan jerawat. Untuk mencegahnya, Bunda dapat menggunakan pembersih atau cleanser bebas pewangi dan alcohol yang aman untuk bumil.

  1. Menggunakan pelembab setelah mencuci muka

Setelah mencuci muka, kulit Bunda akan terasa kering. Dokter kandungan biasanya menyarankan Bunda untuk menggunakan pelembab yang aman untuk bumil. Pilih pelembab yang tidak memiliki bahan kimia yang keras seperti pewangi.

  1. Selalu menggunakan tabir surya

Baik beraktivitas di luar maupun di dalam rumah, tabir surya tetap harus ada dalam rangkaian perawatan kulit Bunda yang sedang hamil. Pasalnya sinar UV tetap bisa masuk lewat jendela rumah. Bunda dapat memilik roduk tabir surya yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxise yang dapat memberikan perlindungan dari bahaya sinar UV.

  1. Pilih obat jerawat yang tepat

Hindari memakai obat jerawat yang mengandung tretinoin dan retinol karena dapat membahayakan janin dan berpotensi menyebabkan gangguan atau cacat pada janin. Batasi juga kandungan produk perawatan seperti asam salisilat dosis tinggi.

Pemakaian obat jerawat sesungguhnya dapat beresiko sehingga penting untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapat obat jerawat yang tepat buat Bunda yang sedang hamil.

 

Nah, selain tips-tips di atas Bunda juga dapat merawat kesehatan kulit dari asupan makanan bernutrisi serta gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga. Ingat untuk selalu melakukan pemeriksaan kehamilan dan meminta saran dokter untuk merawat kulit selama hamil!

No Comments

Post A Comment