Enggak Perlu Bingung, Bun! Ini Tips MPASI Pertama Si Kecil

tips mpasi pertama bayi

Enggak Perlu Bingung, Bun! Ini Tips MPASI Pertama Si Kecil

Memasuki umurnya yang 6 bulan, sudah saatnya Bunda memberinya makanan pendamping ASI atau MPASI. Menyiapkan MPASI untuk yang pertama kali bisa jadi tantangan tersendiri buat Bunda. Simak tips MPASI di artikel ini lebih lanjut ya Bun!

Karena melewati 6 bulan, Si Kecil perlu banyak energi dan nutrisi yang tak hanya berasal dari ASI. Organ pencernaannya sudah berkembang sehingga memberinya makanan tambahan dengan nutrisi yang tepat penting untuk menunjang perkembangannya.

Tips Memberikan MPASI Pertama Kali

  1. Memberikan buah dan bubur sesuai kebutuhan

Akan berbeda kebutuhan bayi yang memiliki berat badan normal dengan tidak. Menurut dokter anak I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi SpA dari RS Bunda Jakarta yang dilansir dari halodoc, anak dengan berat normal dapat diberikan buah sebagai MPASI pertamanya. Jika anak memiliki berat di bawah normal atau kurus, MPASI dimulai dengan bubur atau serelia. Karena bayi yang MPASInya dimulai dengan buah akan sulit memakan serelia.

  1. Perhatikan nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil

Ketika memberikan MPASI, Bunda harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan seperti kadang karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan zat besi. Jika berat bayi dibawah normal maka pemberian daging sebagai protein hewani bisa dilakukan untuk menaikkan berat badannya.

  1. Jangan pakai penambah rasa

Tips MPASI selanjutnya adalah menghindari penambah rasa seperti gula, garam, dan zat tambahan lainnya. Rasa makanan Si Kecil lebih baik hambar dan memiliki tekstur lembut. Selain itu penting untuk memilih makanan yang tidak memicu alergi seperti kacang atau makanan laut.

  1. Siapkan dalam jumlah yang tepat

Jumlah MPASI awal yang ideal adalah 120 milimeter. Jumlah ini dapat ditambah secara bertahap sesuai dengan kesukaan Si Kecil.

  1. Mengganti menu makanan

Setelah memberi Si Kecil buah selama beberapa hari, Bunda bisa memberinya serelia setelahnya. Pada minggu kedua, Bunda bisa mengenalkan sayur. Jumlahnya pun dapat disesuaikan untuk kemudian ditambah secara bertahap.

  1. Menghindari cara masak goreng

Minyak yang dipanaskan dari makanan yang digoreng dapat memicu batuk dan radang tenggorokan. Sebaiknya Bunda memberinya makanan yang dioleh dengan cara direbus dan dikukus.

 

Sudah tak bingung dalam menentukan MPASI pertamanya kan, Bun? Bunda juga bisa memberinya jadwal makan agar Si Kecil dapat berlatih disiplin dengan jadwal makannya! Let’s grow with love!

No Comments

Post A Comment