Kenalan Dengan Metode ILA, Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

melahirkan tanpa rasa sakit

Bunda yang sedang menantikan kehadiran buah hati mungkin pernah mendengar metode ILA (intrathecal labour analgesia). Dengan makin berkembangnya teknologi di bidang kedokteran dan penelitian, metode ILA ini niscaya membantu Bunda untuk melahirkan tanpa rasa sakit.

Metode ILA termasuk dalam salah satu induksi persalinan. Opsi Induksi persalinan biasanya hanya kepada Bunda yang sedang hamil dengan risko yang membahayakan Bunda dan bayi.

ILA merupakan metode yang dilakukan dengan cara memberikan suntikan obat bius melalui tulang belakang bagian bawah dan membuat pinggang sampai kaki Bunda terasa kebas atau mati rasa selama melahirkan.

Hal yang harus Bunda ketahui soal metode ILA

  1. Meminimalkan rasa sakit

Meski terkenal dapat membantu Bunda melahirkan tanpa rasa sakit, metode ILA ini tidak benar-benar menghilangkan rasa sakit dan nyeri yang Bunda rasakan saat persalinan. Bagi Bunda yang mengalami komplikasi persalinan, metode ILA ini menjadi salah satu pilihan buat Bunda mengurangi trauma melahirkan. Karena rasa nyeri saat persalinan memang bisa memengaruhi Bunda baik secara fisik maupun secara emosional. Bunda yang mengalami baby blues, depresi postpartum, psiko postpartum, dan jgua trauma melahirkan di kemudian hari.

  1. Merupakan bagian dari induksi persalinan

Metode ILA masuk dalam salah satu induksi persalinan. Induksi persalinan adalah proses yang akan berjalan dengan lebih mudah. Untuk informasi Bunda, induksi kehamilan bisa dilakukan guna menstimulasi kontraksi rahim dan mempercepat proses persalinan Bunda.  Dengan metode ILA, akan ada opsi bius di tulang belakang bagian bawah dan membuat bagian pinggang sampai kaki Bunda akan merasa mati rasa selama melahirkan.

  1. Manfaat metode ILA untuk persalinan Bunda

Dengan berkembangnya teknologi di bidang ilmu pengetahuan dan kedokteran, metode ILA ini dapat membantu Bunda dengan manfaat-manfaat sebagai berikut:

  • Obat bius disuntikkan dengan kadar yang lebih rendah sehingga aman
  • Jarum suntik metode ILA lebih kecil daripada epidural
  • Risiko komplikasi persalinan (ibu meninggal) lebih rendah jika berbanding dengan anastesi umum
  • Obat bius disuntikkan di tulang belakang sehingga lebih mudah menyebar

Apa tujuan dari metode ILA?

Seperti yang sudah kita ketahui, metode ILA ini bertujuan agar Bunda dapat melahirkan tanpa rasa sakit dan melahirkan secara normal. Karena saat persalinan, kontraksi rahim sebagai tanda-tanda melahirkan dapat mengakibatkan napas terlalu cepat dan dalam (hiperventilasi) sehingga muncul perubahan pada tubuh Bunda.

Perubahan tubuh saat Bunda sesak napas adalah kesemutan di lengan dan kaki hingga dada yang terasa seperti tertekan. Kondisi hiperventilasi yang mungkin Bunda alami saat kontraksi juga bisa membawa risiko hiposekmia bagi Bunda atau pun Si Kecil. Hipoksemia adalah kondisi rendahnya kadar oksigen di dalam darah.

Karenanya metode ILA ini bisa jadi jawaban dan juga cara yang efektif untuk melahirkan tanpa rasa sakit sekaligus mengurangi risiko-risiko melahirkan.

Nah, dengan mengetahui informasi mengenai metode ILA kira-kira Bunda bakal coba nggak nih? Jangan lupa buat sampaikan keinginan Bunda pada dokter kandungan Bunda, ya! –MR

Category:
Bayi Ibu Keluarga

Leave a Comment