Gatal Saat Hamil? Waspadai ICP, Bun!

waspadai icp

Gatal Saat Hamil? Waspadai ICP, Bun!

Salah satu yang berubah ketika Bunda hamil adalah perubahan hormon. Terdapat hormon kehamilan yang dapat memicu berbagai reaksi dalam tubuh masing-masing Bunda. Enggak hanya perubahan bentuk tubuh, lho. Tapi juga perubahan kondisi pada organ tertentu. Karenanya penting nih buat Bunda waspadai ICP.

ICP atau Intrahepatic Cholestasis of Pregnancy merupakan kondisi langka dengan gejala paling umum rasa gatal yang parah pada kulit Bunda. Meski kondisi ini langka serta gejala yang menyertai “hanya” gatal tetap Bunda harus waspadai ICP. Karena ICP meningkatkan risiko bayi lahir mati (stillborn) sebanyak tiga kali lipat.

Penyebab dari ICP belum sepenuhnya diketahui, namun genetik dan hormon kehamilan diyakini sebagai penyebabnya. Hormon kehamilan yang meningkat menyebabkan cairan empedu yang diproduksi oleh hati mengalir lebih lambat. Sehingga terjadi penumpukan dalam hati.

Penumpukan tersebut akan masuk ke dalam aliran darah dan merangsang saraf di bawah kulit sehingga terasa gatal. Kita pelajari lebih dalam gejala-gejalanya yuk, Bun!

Gejala ICP

ICP biasanya terjadi pada semester ketiga masa kehamilan. Bunda akan merasaka sangat tidak nyaman, tapi tidak memiliki efek jangka panjang karena akan menghilang saat Si Kecil lahir. Namun tetap tidak bisa dianggap sepele ya, Bunda.

Gejala-gejala yang harus Bunda curigai dan waspadai adalah:

  • Gatal pada kulit yang sering dan parah
  • BAB jarang dan berwarna terang
  • Mual
  • Hilang nafsu makan
  • Kulit atau mata berubah menjadi kekuningan

Gatal pada gejala ICP merujuk pada rasa gatal yang berlebihan, biasanya terjadi pada minggu-minggu terakhir kehamilan. Sangat perlu untuk rutin melakukan pemeriksaan selama hamil utamanya saat Bunda merasakan gatal yang berlebihan guna memantau apakah ada cairan empedu di dalam darah Bunda atau tidak.

Bunda juga harus waspadai ICP lebih lagi apalagi jika Bunda termasuk dalam kategori orang berisiko seperti:

  • Hamil anak kembar
  • Pernah mengalami penyakit liver
  • Memiliki hubungan keluarga dengan orang yang pernah mengalami ICP sebelumnya
  • Mengalami ICP pada kehamilan sebelumnya

 

Memonitor kehamilan dengan melakukan USG dan pemeriksaan darah memang tidak dapat mencegah ICP namun kita dapat segera menanganinya dengan segera bersama dokter, Bun. Maka dari itu jangan remehkan rasa gatal selama hamil dan periksakan ke dokter untuk memastikan kesehatan Si Kecil dalam kandungan. Sehat selalu, Bunda!

No Comments

Post A Comment