Faktor Aja Saya Yang Memengaruhi Berat Badan Bayi?

berat badan bayi

Faktor Aja Saya Yang Memengaruhi Berat Badan Bayi?

Akan mudah memantau tumbuh kembang Si Kecil dengan memerhatikan berat badan bayi, Bunda. Sejak lahir tentu Bunda sudah langsung ingin tahu apakah Si Kecil memiliki berat badan yang baik dan sehat dan tentu bisa menambah kebahagiaan Bunda setelah menanti 9 bulan untuk Si Kecil lahir dengan sehat. 

Karena apabila berat badan bayi berlebih atau kurang, bisa menjadi tanda bahwa Si Kecil mengalami masalah kesehatan. Berat badan bayi yang baru lahir ada para rentang 2,5 kilogram hingga 4 kilogram. 

Lantas apa saja ya faktor yang memengaruhi berat badan bayi? 

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Berat Badan Si Kecil

Ada faktor internal dan juga faktor eksternal yang turut memengaruhi berat badan Si Kecil yang baru lahir seperti: 

  • Tinggi badan ibu

Wah ternyata ada pengaruh secara genetik antara tinggi badan Bunda dan juga berat badan Si Kecil. Tinggi badan merupakan cerminan potensi ukuran tubuh manusia. Makanya semakin tinggi Bunda, maka akan makin besar kemungkinannya juga utnuk Si Kecil memiliki berat badan yang lebih besar. 

  • Berat badan ibu

Selain tinggi badan, faktor genetika yang memengaruhi berat badan bayi adalah berat badan ibu. Apabila Bunda hamil dengan berat badan berlebih, maka kemungkinan Si Kecil juga akan lahir dengan berat badan yang lebih besar. 

  • Usia kehamilan saat bersalin

Bila Bunda melahirkan secara prematur atau melaihrkan pada rentang kehamilan 34-36 minggu, kemungkinan besar SI Kecil akan lahir dengan berat badan yang lebih rendah. Sebab perkembangan Si Kecil dalam kandungan berkurang dari yang seharusnya lahir setelah usia kehamilan Bunda 37 minggu. Namun jangan khawatir ya Bun karena Si Kecil yang lahir prematur tetap bisa tumbuh dengan baik, kok! 

  • Jenis kelamin bayi

Bayi perempuan cenderung lebih kecil daripada bayi laki-laki bila berdasarkan usia kehamilannya. Bayi laki-laki rata-rata akan lebih berat sekitar 135 gram saat kehamilan matang. 

  • Merokok

Menurut penelitian, Bunda yang menjadi perokok aktif selama masa hamil dapat memengaruhi berat badan Si Kecil. Bila Bunda merokok 1 bungkus per hari, maka berat badan Si Kecil akan berkurang sekitar 240-360 gram. 

  • Bayi kembar

Biasanya, bayi kembar memiliki berat badan yang lebih kecil. Sebab bayi kembar harus berbagi ruang rahim yang terbatas untuk tumbuh. 

 

Nah, apakah berat badan Si Kecil sudah normal? Bila Bunda memiliki pertanyaan lain seputar tumbuh kembang Si Kecil, Bunda bisa segera mengonsultasikannya kepada dokter yaa!

No Comments

Post A Comment