Resep MPASI dari Daging Sapi Yang Mudah dan Bergizi

mpasi daging sapi

Resep MPASI dari Daging Sapi Yang Mudah dan Bergizi

Bertepatan dengan hari raya Idul Adha di tanggal 20 Juli lalu, Bunda pasti punya banyak stok daging di rumah. Stok daging dari qurban Idul Adha bisa dijadikan MPASI daging sapi, lho! Daging adalah sumber protein hewani dan zat besi yang baik banget buat Si Kecil pada masa MPASI.

Dengan zat besi dari daging merah, Si Kecil tidak akan mudah terserang penyakit dan mengoptimalkan juga perkembangan otaknya. Namun agar daging sapi lebih mudah dicerna, potong daging sapi hingga tanpa lemak ya, Bun. Daging sapi juga baiknya diberikan ketika Si Kecil sudah berusia 8 bulan. Untuk mengolahnya mudah kok, Bun.

Langsung disimak yuk beberapa resep MPASI dari daging berikut ini!

  1. Puree daging sapi, wortel, dan ubi jalar

Bunda akan membutuhkan 75 gram daging sapi rebus, 1 wortel berukuran sedang yang sudah dikupas dan diiris, 200 gram ubi jalar, dan juga 400 ml air.

Setelah mengumpulkan bahan-bahan, Bunda bisa memasukkan daging sapi, wortel, dan ubi ke dalam panci berukuran sedang. Lalu tambah air dan tutup rapat pancinya. Didihkan dengan api kecil selama 20-25 menit, atau sampai daging matang dan sayuran lunak.

Seetlah matang, Bunda bisa masukkan daging sapi dan sayuran ke dalam blender. Lalu tambahkan juga 2-3 sendok ASI atau susu formula.

  1. Kentang tumbuk plus daging dan wortel

Ketang memiliki antioksidan tinggi, beta karoten, vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor. Bahan-bahan yang Bunda butuhkan adalah setengah potong kentang ukurang sedang, 1 genggam daging sapi yang sudah diparut atau dihaluskan, 1 buah baby wortel, 1 sendok makan tofu, 1 siung bawang putih parut, 1 cup unsalted butter, dan 1 sendok makan extra light olive oil.

Setelah menyiapkan bahan dan mencucinya, Bunda bisa memotong-motong wortel, tofu, dan juga kentangnya. Setelah itu tumis bawang putih dengan extra light olive oil hingga wangi. Tambahkan daging sapi, lalu masak hingga kecoklatan.

Setelahnya Bunda kukus kentang bersama dengan baby wortel dan juga tofu selama kurang lebih 15 menit. Lalu hancurkan hingga halus. Dan Bunda su dah bisa menyajikannya di piring bersama dengan tumis daging tadi! Jangan lupa tambahkan unsalted butter saat hendak disajikan ya!

  1. Puree daging rebus lembut

Resep MPASI dari daging sapi yang satu ini mudah banget, Bunda. Untuk membuatnya Bunda akan butuh 600 gram daging sapi yang sudah dipotong dadu sebesar 1 inci, ¼ cangkir tepung serbaguna, 1 sendok teh lada hitam, ½ ons tomat yang sudah dipotong dady, 150-200 gram kentang kecil yang dibelah menjadi dua, serta 250 gram kacang polong dan wortel yang dihaluskan.

Cara membuatnya adalah pertama-tama, campurkan daging sapi dan tepung dalam mangkuk sedang. Lalu masukkan bersama dengan tomat, kentang, garam, merica, dan ½ gelas air ke dalam panci bersama dengan campurang daging dan tepung.

Lalu campurkan kacang polong dan wortel, lalu diamkan selama 5 menit. Pindahkan daging dan sayuran yang telah direbus tadi bersama dengan campuran kacang polong dan wortel ke dalam blender atau food processor. Lalu setelah halus dengan konsistensi yang diinginkan, bisa langsung disajikan!

 

Wah ternyata mudah juga ya membuat MPASI daging sapi! Bunda bisa nih memanfaatkan daging qurban, tapi selalu pastikan dibersihkan sampai bersih dan dimasak dengan baik ya! Selamat mencoba, Bunda!

No Comments

Post A Comment