Lakukan Ini Agar Si Kecil Tidur Nyenyak!

Image by javi_indy on Freepik

Tidur memiliki manfaat yang sangat besar untuk tumbuh kembangnya Si Kecil. Karena itu, saat tidur pertumbuhan fisik baik pertambahan berat badan, tinggi badan, dan kesehatan Si Kecil terpacu. Untuk itu Si Kecil perlu tidur nyenyak.

Baca Juga : Camilan Pelancar ASI Yang Bisa Buat Diet

Si Kecil terkadang memang sulit untuk tidur nyenyak mengingat kondisinya yang masih sangat sensitif. Karena itu Moms harus melakukan beberapa cara agar Si Kecil tetap dapat tidur nyenyak. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan agar Si Kecil bisa tertidur nyenyak.

Tips agar Si Kecil tidur nyenyak :

  • Kenakan baju bayi yang tepat

Cobalah untuk menggunakan berbagai baju bayi untuk melihat baju apa yang dapat membantunya Si Kecil tidur lebih tenang.

  • Bersihkan badan Si Kecil terlebih dahulu

Tubuh lengket karena keringat dan kotor sehabis makan dan bermain gampang membuat kulit Si Kecil gatal-gatal sehingga mengganggu tidurnya.

  • Kenalkan waktu pada Si Kecil

Bantulah Si Kecil memahami bahwa siang hari saatnya makan dan malam hari saatnya tidur atau istirahat. Cobalah untuk memberi makan Si Kecil setiap tiga jam sekali pada siang hari.

  • Gendong Si Kecil pada siang hari

Menggendong Si Kecil dapat menciptakan frekuensi kedekatan dan keakraban yang meningkat dapat memunculkan ketenangan. Si Kecil yang tenang pada siang hari cenderung tenang juga pada malam hari.

  • Kenyangkan Si Kecil sebelum tidur

Usahakan untuk menyusui Si Kecil hingga kenyang sebelum tidur dan saat Si Kecil terbangun pada malam hari.

  • Rebahkan Si Kecil di tangan Moms

Kehangatan tangan Moms bisa memberikan sentuhan tambahan yang dibutuhkan Si Kecil untuk membantunya tertidur sambil memberikan tepukan lembut di punggung atau bokong Si Kecil.

  •  Lakukan buang air sebelum tidur

Celana basah dan kotor bisa mengganggu tidur Si kecil. Karena itu, usahakan agar Si Kecil buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) sebelum tidur.

  • Moms tidak boleh memaksa Si Kecil untuk tidur

Penciptaan lingkungan yang aman dan nyaman adalah cara terbaik untuk membuat Si Kecil lebih cepat tidur dan jangka waktu tidurnya lebih panjang.

  • Lakukan rutinitas sebelum tidur

Agar Si Kecil dapat tidur teratur dan lelap, Moms dapat melakukan beberapa rutinitas. Misalnya mendongeng, bernyanyi, dan mendengar musik.

  • Suasana kamar yang nyaman

Atur suasana kamar sehingga nyaman untuk tidur. Ini meliputi tata cahaya, ventilasi, tata warna, suhu, dan juga keadaan boksnya. Moms bisa meletakkan boks di dalam kamar tidur, di samping ranjang Moms dan Dads atau di kamar tersendiri.

Baca Juga : Kok Bisa Si Kecil Sering Bangun Tengah Malam?

Oke Moms! Itulah tips untuk membantu Si Kecil tidur lebih nyenyak. Semoga tips di atas dapat membantu memperbaiki kualitas tidur Si Kecil. Sehingga Si Kecil dapat tumbuh sehat.

Category:
Bayi Ibu Keluarga

Leave a Comment