Camilan Pelancar ASI Yang Bisa Buat Diet

Camilan Pelancar ASI Yang Bisa Buat Diet

Selepas melahirkan Si Kecil biasanya Moms ingin kembali ke berat badan seperti saat sebelum hamil. Namun hal yang sangat perlu Moms pertimbangan adalah nutrisi buat Moms juga Si Kecil. Sebab Moms harus menyusui Si Kecil. Diet sebenarnya bisa dilakukan asalkan nutrisi yang Moms dan Si Kecil butuhkan terpenuhi. Nutrisi ibu menyusui bisa didapatkan dari berbagai makanan, termasuk dari camilan pelancar ASI. 

Camilan ASI booster 

Mengonsumsi cemilan pelancar ASI yang bernutrisi baik juga dapat menunjang diet Moms, lho. Makanan – makanan yang bisa Moms konsumsi untuk melancarkan ASI adalah: 

  • Produk olahan susu

Mengutip dari National Academy of Sciences, kebutuhan kalsium untuk ibu menyusui adalah 1.000 miligram per hari. 

Mencukupi kebutuhan kalsium buat Moms dapat menunjang kekuatan tulang dan gigi. Kalsium dapat berperan dalam mengurangi risiko osteoporosis atau pengapuran tulang. Cemilan pelancar ASI yang bisa Moms konsumsi adalah susu, yoghurt, dan keju. 

Yoghut termasuk makanan dengan kandungan prebiotik dan protein yang bermanfaat buat pencernaan.

  1. Kacang – kacangan

 Kacang – kacangan bisa jadi menu diet yang cocok buat jadi ASI booster. Karena kacang bisa menjadi sumber protein, zat besi, dan serat yang baik. Kacang juga mengandung banyak mineral dan fitokimia atau fitonutrien alami. Fitokimia bermanfaat untuk: 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Mengurangi peradangan
  • Mencegah kerusakan DNA
  • Mengatur hormon

Moms bisa konsumsi berbagai jenis kacang – kacangan sebagai camilan pelancar ASI. Mulai dari kadang polong, almond, bahkan saus kacang. 

Baca Juga:Kehadiran Ayah Juga Bisa Perlancar Kelahiran Si Kecil

  • Teh susu jahe

Teh susu jahe cocok Moms nikmati di pagi hari atau saat cuaca sedang dingin. Berdasarkan penelitian dari Breasfeeding Medicine, jahe juga bisa membantu produksi ASI saat sedang tidak lancar. Penelitian ini dilakukan pada 63 ibu menyusui. 30 ibu mengonsumsi jahe dalam bentuk kapsul dan 36 lainnya obat palsu yang dibuat mirip asli. 

Penelitian tersebut menghasilkan bahwa ibu yang mengonsumsi jahe memiliki produksi ASI yang lebih banyak. Hal ini terjadi karena hormon prolaktin dalam tubuh ibu meningkat ketika mengonsumsi jahe. Tak perlu konsumsi banyak – banyak ya, Moms. Bisa kita tambahkan ke dalam berbagai makanan. 

  • Telur rebus

Salah satu camilan pelancar ASI dan cocok buat diet lainnya adalah telur rebus. Menurut Stanford Health, telur mengandung protein, kolin, lutein, vitamin B12, vitamin D, riboflavin, dan asam folat. Kandungan – kandungan tersebut berperan dalam peningkatan hormon prolaktin yang penting untuk produksi ASI. 

 

Wah ternyata ada berbagai makanan yang bisa jadi camilan pelancar ASI sekaligus buat Moms diet, nih! Ingat buat selalu memperhatikan kembali nutrisi buat Moms juga Si Kecil, ya! –MR

Category:
Uncategorized

2 People reacted on this

Leave a Comment