Kok Bisa Si Kecil Sering Bangun Tengah Malam?

Image by wavebreakmedia_micro on Freepik

Moms setelah melahirkan pasti pernah merasakan yang namanya begadang. Alasannya bisa karena menyusui, menjaga Si Kecil, atau bahkan beres – beres rumah. Pastinya lebih sering menjaga Si Kecil ya, Moms! Karena ada penyebab Si Kecil bangun malam hari.

Baca Juga : Tips Mengasuh Si Kecil Saat Jadi Single Parent

Normalnya Si Kecil akan tertidur lebih lama di malam hari dan banyak terjaga di siang hari. Namun Si Kecil yang sering terbangun di malam hari tentunya perlu perhatian ya Moms.

Alasan Si Kecil sering bangun tengah malam

Saat Si Kecil bangun di malam hari tentu ada alasanya.Ada beberapa alasan mengapa Si Kecil terbangun di malam hari. Di antaranya:

  • Siklus tidur belum teratur

Si Kecil yang baru lahir belum memiliki siklus tidur yang teratur. Bayi baru lahir umumnya belum bisa mengenal perbedaan antara siang dan malam. Sehingga sangat mungkin bagi Si Kecil yang baru lahir terbangun di malam hari tanpa alasan dan tidur di pagi harinya.

Tips yang bisa Moms lakukan untuk penyebab bayi bangun malam hari yang pertama ini adalah dengan melakukan sleep training. Mama bisa mulai dengan mengenalkan perbedaan waktu padanya. Caranya adalah dengan melakukan beberapa rutinitas sebelum tidur. Seperti membuat redup ruangan atau menyanyikan lagu nina bobo.

  • Si Kecil merasa lapar

Salah satu tanda Si Kecil lapar adalah dengan terbangun saat ia sedang tidur, bahkan juga menangis. Saat rasa laparnya masih ringan, Si Kecil akan terbangun dan menunjukkan tanda lainnya. Misal mengisap tangannya atau mencoba meraih payudara Moms.

Biasanya bayi yang mengonsumsi ASI ekslusif akan lebih mudah lapar dibandingkan dengan bayi yang minum susu formula. Karena ASI lebih mudah Si Kecil cerna sehingga lambungnya lebih cepat kosong dan perlu “diisi” kembali.

Agar Si Kecil tidak sering terbangun karena lapar, Moms perlu mencatat kebiasaan makan Si Kecil terlebih di malam hari. Tujuannya adalah supaya Moms bisa memberikan ASI sebelum Si Kecil mulai bangun karena lapar.

  • Kedinginan

Si Kecil yang merasa kedinginan akan merasa tidak nyaman dan terbangun. Bahkan sulit untuk kembali tidur. Karenanya Moms harus menyesuaikan suhu ruangan dengan suhu Si Kecil. Moms bisa memberinya Bedong Bayi dari Omiland atau memakaikannya Selimut Bayi dari berbagai series Omiland. Bahannya berkualitas sehingga meski dipakaikan bedong atau selimut dari Omiland, Si Kecil tidak akan merasa kegerahan.

Moms bisa menggunakan timer agar AC menyala atau mati otomatis di jam – jam tertentu di malam hari.

  • Popoknya penuh

Si Kecil yang buang air besar atau buang air kecil akan merasa tak nyaman karena tidur dalam keadaan basah. Karenanya penting buat Moms mengecek popok secara berkala. Khususnya bila Si Kecil masih mengonsumsi susu dalam periode 2 – 3 jam sekali.

  • Sakit

Saat Si Kecil sakit, ia akan merasa tidak nyaman dan lebih mudah terbangun. Kondisi Si Kecil yang perlu Moms cek adalah apakah ia sedang demam, tumbuh gigi, atau lainnya saat ia mulai rewel di malam hari. Penting bagi Moms mengetahui penyebab sakit Si Kecil agar segera menanganinya dengan tepat dan tidak memengaruhi tumbuh kembangnya.

Baca Juga : Camilan Pelancar ASI Yang Bisa Buat Diet

Nah, itulah beberapa penyebab bayi bangun malam hari. Sama seperti kita, Si Kecil perlu tidur cukup agar tidak lelah dan sakit. Bahkan lebih dari itu, tidur cukup pada bayi sangat bermanfaat untuk proses tumbuh kembang serta sistem kekebalan tumbuh Si Kecil.

Lengkapi suasana tidur Si Kecil dengan kasur yang nyaman, selimut, kelambu, dan juga bedong dari Omiland yuk! Kualitasnya premium sehingga menjaga Si Kecil tidur tetap nyenyak sepanjang malam.

Dapatkan penawaran menarik produk perlengkapan dari Omiland di markeplace kesayangan Moms atau mampir ke toko – toko perlengkapan bayi terdekat di kota Moms! –MR

Category:
Bayi Ibu Keluarga

Leave a Comment