Jangan Sampai Ibu Hamil Terpapar Rokok. Ini Alasannya!

artikel

Peringatan pada bungkus rokok berubah dan berbeda sejak beberapa tahun ke belakang demi menekan angka perokok. Rokok dan asapnya mengandung ribuah bahan kimia yang berbahaya apabila ibu hamil terpapar rokok tersebut.

Ibu hamil yang terpapar rokok dapat membahayakan dirinya dan juga janin yang dikandung. Asap rokok meski tak terlihat lagi namun akan bertahan di udara selama 2-3 jam. Kandungan kimia pada rokok juga dapat menempel pada dinding atau perabotan rumah selama bertahun-tahun.

Dampak merokok dekat ibu hamil 

Perlu Omilove ingat bahwa merokok dekat ibu yang sedang hamil sangat berbahaya. Risiko yang bisa terjadi apabila ibu hamil terpapar asap rokok adalah:

  • Keguguran

Risiko keguguran pada trimester awal akan meningkat apabila Omilove yang sedang hamil terpapar asap rokok. Karena bahan kimia yang terkandung dalam rokok akan masuk ke aliran darah ibu hamil dan juga janin.

Bahan kimia terdebut dapat mengganggu perkembangan janin, menimbulkan kelainan genetik atau cacat bawaan lahir, hingga akhirnya pada keguguran.

  • Bayi lahir prematur

Salah satu risiko yang timbul bila ibu hamil terpapar rokok adalah melahirkan bayi prematur. Bayi prematur atau bayi yang lahir sebelum waktunya rentan terkena beberapa masalah kesehatan yang serius. Seperti:

  • Penyakit kuningn
  • Penyakit jantung bawaan
  • Tidak mau menyusu
  • Infeksi
  • Gangguan organ tertentu, seperti pernapasan dan saluran pencernaan
  • Pendarahan di pembuluh darah otak

Selain masalah kesehatan ibu hamil yang telah disebut di atas, ibu hamil yang terpapar asap rokok juga akan membuat janin yang dikandung mengalami gangguan kesehatan paru-paru. Hal ini berisiko pada gangguan pernapasan bayi di kemudian hari seperti asma.

  • Bayi lahir dengan berat rendah

Berat badan bayi yang normal saat lahir berkisar antara 2,9 kilogram hingga 3,5 kilogram. Berat badan bayi bisa kita bila rendah bila kurang dari 2,5 kilogram saat lahir. Beberapa hal yang menyebabkan bayi lahir dengan berat badan kurang adalah paparan asap rokok, kelainan genetik, anemia asat hamil, serta kurangnya asupan nutrisi yang Omilove konsumsi saat hamil.

Bayi yang lahir dengan berat badan rendah memiliki risiko tinggi mengalami gangguan pernapasan, hipotermia, infeksi, gangguan otak, masalah pada saluran cerna, dan kekurangan gula darah.

  • Sindrom kematian bayi mendadak 

Sindrom kematian bayi mendadak merupakan kondisi ketika bayi meninggal secara mendadat saat sedang tidur, padahal sebelumnya terlihat baik-baik saja.

Omilove mungkin tahu bahwa sindrom kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome) terjadi ketika pengaruh kondisi tidur. Namun SIDS juga bisa terjadi jika ibu hamil sering menghirup asap rokok.

 

Selain masalah kesehatan yang terjadi akibat paparan rokok pada ibu hamil di atas, merokok dekat ibu hamil juga akan menyebabkan gangguan belajar atau hambatan tumbuh kembang pada Si Kecil setelah ia lahir.

Karenanya merokok dekat ibu hamil sangat berbahaya. Hati-hati saat merokok ya, Omilove! Ketika di ruang publik apalagi bila di dekat Omilove yagn sedang mengandung Si Kecil. –MR

Category:
Bayi Ibu

5 People reacted on this

  1. […] Tanda-tanda kehamilan tentu tidak akan muncul segera setelah berhubungan intim. Proses konsepsi memerlukan waktu, dan itu terjadi saat sperma bertemu dengan sel telur di saluran tuba. Ini bisa terjadi dalam waktu 24 hingga 48 jam setelah berhubungan intim. Oleh karena itu, dalam dua minggu pertama, biasanya tidak ada tanda-tanda fisik yang dapat terasa. […]

Leave a Comment