Bagaimana Cara Mencuci Bantal Hamil Milik Bunda?

cara mencuci bantal hamil

Bagaimana Cara Mencuci Bantal Hamil Milik Bunda?

Bantal hamil bisa jadi jawaban untuk Bunda yang sedang mengandung dan mengalami gangguan tidur. Perubahan tubuh yang terjadi bisa saja membuat tidur Bunda tidak nyaman. Padahal tidur berkualitas sangat penting selama kehamilan. Bantal hamil juga bisa digunakan waktu Bunda mengandung lagi setelah Si Kecil. Agar bantal hamil tetap tahan lama, Bunda harus tau cara mencuci bantal hamil.

Simak juga soal Manfaat Bantal Hamil Untuk Kesehatan

Umumnya, bantal dihinggapi tungau debu dan kotoran tungau debu. Tungau adalah kutu mikroskopis alias tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Tungai dapat menyebabkan alergi hingga kesulitan tidur.

Penting untuk Bunda menjaga kebersihan bantal hamil. Simak yuk tips-tips mencuci bantal kehamilan berikut ini!

Tips Cara Mencuci Bantal Hamil

Ketika hendak mencuci bantal hamil, Bunda harus tahu apa bahan pembuatan dari isi bantal tersebut. Karena teknik mencuci akan berbeda.

  1. Bantal hamil polyester

Bahan polyester adalah bahan yang umum sebagai material untuk bantal. Bunda biasanya mendapati keterangan bahan seperti Dacron pada bantal hamil. Dacron merupakan nama dagang dari serat tekstil yang terdiri dari polyester fiber sintetis. Jadi dacron merupakan merk, bukan material.

Untuk cara mencucinya bantal hamil jenis ini, Bunda dapat mencuci dengan tangan karena bantal hamil umumnya berukuran cukup besar untuk mesin cuci. Berikut tips mencuci bantal hamil dengan tangan:

  • Tambahkan deterjen ke air hangat dalam baskom yang cukup besar
  • Gunakan deterjen lembut untuk menghindari kerusakan bahan polyester dari bantal hamil
  • Rendam bantal hamil milik Bunda dengan air hangat selama dua jam
  • Setelah direndam, Bunda bisa cuci bantal hamil dengan lembut
  • Bilas dengan air dingin
  • Jemur hingga benar-benar kering agar tidak terjadi pertumbuhan jamur
  1. Bantal hamil microbeads

Microbeads atau butiran bulat kecil-kecil yang Bunda dapati sebagai material pengisi bantal merupakan partake kecil plastic dengan diameter yang biasanya kurang dari 5mm.

Sama seperti bantal dengan material polyester, Bunda juga bisa mencuci bantal jenis microbead dengan tangan. Berikut tips cara mencuci bantal microbead dengan tangan:

  • Masukkan deterjen lembut ke baskom atau ember besar yang sudah diisi air hangat
  • Tak perlu memakai bahan kimia seperti pemutih
  • Gunakan scrub lembut untuk mencuci bantal
  • Setelah dicuci dengan lembut, bilas bantal hamil dengan air dingin
  • Untuk bantal hamil jenis ini, gunakan mesin pengering atau menggunakan metode pengeringan udara untuk mengeringkan bantal hamil

 

Kapan Bunda Harus Membeli Bantal Hamil Baru?

Durabilitas atau ketahanan bantal hamil biasanya sekitar tiga hingga lima tahun. Setelah beberapa tahun, bantal mungkin bentuknya tidak seperti waktu pertama beli. Untuk mengetahui apakah Bunda butuh bantal hamil yang baru atau tidak, Bunda bisa mencoba melihat bantal serta memperhatikan apakah bantal kembali ke bentuk aslinya. Jika bantal hamil Bunda tidak kembali ke bentuk asli alias tidak bergerak, maka itulah saatnya Bunda membeli bantal hamil yang baru

 

Menjaga kebersihan bantal hamil sangat penting. Selain menghindarkan Bunda dari gatal-gatal, Bunda juga bisa tidur dengan nyenyak. Bunda yang sedang hamil dianjurkan untuk tidur nyenyak untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Omiland menyediakan bantal hamil yang terbuat dari polyester sehingga lebih mudah untuk Bunda cuci, loh. Bahannya berkualitas sehingga nyaman dan mudah dicuci, desainnya menggemaskan, fungsinya banyak!

Cek produk Bantal Omiland di Official Store marketplace kesayangan Bunda!

No Comments

Post A Comment