Amankah Penggunaan AC untuk Si Kecil Yang Masih Bayi?

Amankah Penggunaan AC untuk Si Kecil Yang Masih Bayi?

Sebagai orang Indonesia yang terletak di garis ekuator, kita diberkahi banyak sinar matahari ya Omifams. Akibatnya untuk beberapa daerah akan terasa sangat panas, apalagi di perkotaan yang minim pohon sebagai penghasil oksigen dan udara sejuk.

Karenanya ada banyak Omifams yang di rumahnya memasang AC atau air conditioner sebagai alternatif mendinginkan ruangan. Tapi bagi Bunda dan Ayah yang baru menyambut kelahiran Si Kecil, apakah penggunaan AC untuk bayi aman?

Mungkin Omifams sebenarnya khawatir dengan penggunaan AC untuk Si Kecil. Bayi memiliki kulit yang tipis dan sensitif sehingga udara yang panas tak hanya membuatnya berkeringat tapi juga membuat ruam atau biang keringat di kulitnya.

Apakah penggunaan AC aman untuk bayi?

Si Kecil yang baru lahir memiliki jam tidur yang panjang untuk tumbuh kembangnya. Otak Si Kecil tumbuh ketika ia tidur sehingga tidur yang berkualitas sangat penting untuk perkembangan otaknya.

Salah satu usaha membuat tidur Si Kecil berkualitas adalah membuat suhu ruangan sejuk ketika cuaca sedang panas. Namun suhu AC untuk bayi harus diatur dengan tepat sehingga Si Kecil tidak kedinginan atau malah sakit.

 

Setelah memutuskan memasang AC di kamar tidur Si Kecil, hal-hal yang juga harus Omifams perhatikan:

Suhu AC yang disarankan untuk Si Kecil yang masih bayi

Suhu yang disarankan untuk Si Kecil ada pada range 23-26 derajat Celcius. Namun suhu ini tentu disesuaikan dengan suhu udara di kawasan tempat Omifams tinggal. Tetap ingat bahwa tubuh Si Kecil rentan dan sensitif dibandingkan anak yang usianya lebih tua.

Gunakan AC dengan tepat

Selain suhu, tempat tidur Si Kecil juga sebaiknya tidak mengarah langsung dengan AC. Apabila udara langsung mengarah pada Si Kecil, dikhawatirkan Si Kecil akan merasa kedinginan hingga sakit.

Selalu jaga Si Kecil agar tidak terhidrasi

Udara yang dingin dari AC dapat membuat kulit cepat kering. Karenanya pastikan Bunda selalu membalurkan lotion khusus bayi untuk kulitnya. Selain perawatan dari luar, Bunda juga harus memastikan jadwal ASI tidak terlewat untuk menghindarinya dari dehirasi.

Jaga Si Kecil agar selalu nyaman

Bila mematikan AC tidak memungkinkan, Bunda bisa memakaikannya selimut tambahan atau memakai Omiland Sleeping Bag untuk menjaga Si Kecil tetap hangat dan nyaman ketika tidur.

ac untuk bayi

Omiland Sleeping Bag dilengkapi dengan topi serta bahan yang tebal dan berkualitas sehingga cocok buat Omifams yang tinggal di daerah agak panas dan memasang AC di rumah.

Hal Yang Harus Dipheratikan Saat Menggunakan AC untuk Bayi

  1. Selalu membersihkan AC secara rutin
  2. Pastikkan rungan tempat tidur Si Kecil punya ventilasi yang baik
  3. Selalu mengoleskan pelembab atau lotion khusus bayi untuk Si Kecil saat berada dalam ruangan ber-AC
  4. Jangan merokok di dalam rumah

 

Nah, meski pun baik Bunda membuat ruangan sejuk dengan memasang AC tetap bawa Si Kecil ke luar rumah di pagi hari agar mendapat sinar matahari dan dapat menghirup udara segar. Segera hubungi dokter bila Bunda mendapati gejala alergi saat berada di ruangan ber-AC.

No Comments

Post A Comment