Asap Rokok Ancaman Bagi Si Kecil!

Image by Freepik

Anak-anak dan bayi, mereka adalah golongan yang paling rentan jika terpapar asap rokok ? Si Kecil dapat mengidap berbagai gangguan pernapasa. Selain berdampak pada Si Kecil yang sudah lahir rokok juga berdampak untuk Si Kecil dalam kandungan.

Baca Juga : Yuk Moms Atur Pola Makan Si Kecil Sejak Bayi !

Oleh sebab itu, lebih baik Moms dan Dads menghindari segala jenis rokok untuk kesehatan Si Kecil. Si kecil akan lebih sehat dan bahagia jika jauh dari rokok. Rokok memang terlihat sepele namu dampaknya tidak sepela!

Dampak asap rokok bagi Si Kecil :

  1. Si Kecil terkena asma
  2. Mengalami radang paru-paru
  3. Terkena bronkitis
  4. Terkena pneumonia
  5. Penurunan fungsi paru-paru
  6. Si Kecil lahir prematur
  7. Terjadi kecacatan
  8. Moms dan Si Kecil mengalami solusio plasenta
  9. Mengalami Keguguran
  10. Si Kecil lahir dengan berat badan yang rendah

 

Selain dampak-dampak di atas masi banyak lagi dampak yang akan berpengaruh terhadap Si Kecil. Misalnya Si Kecil yang sering terpapar asap rokok lebih rentan terkena radang sinus dan infeksi telinga. Lebih parahnya lagi, Si Kecil yang memiliki ibu perokok berisiko lebih tinggi mengalami kematian mendadak.

Selain itu, Si Kecil yang terpapar juga memiliki risiko terkena meningitis lebih tinggi. Batuk dan pilek juga akan lebih mudah menyerang Si Kecil yang sering terpapar asap rokok. Melihat banyaknya dampak buruk yang dapat terjadi pada kesehatan Si Kecil, maka penting untuk menjaga kebersihan lingkungan agar bebas rokok, baik di dalam maupun di luar rumah.

Upaya menjaga kesehatan Si Kecil dari bahaya rokok

  • Jika Moms dan Dads perokok aktif sebaiknya berhenti terutama Moms
  • Hindari tempat-tempat yang memiliki potensi banyak perokok saat Moms hamil atau saat membawa Si Kecil bepergian.
  • Saat hamil Moms juga bisa menggunakan masker saat bepergian. Si Kecil yang sudah menginjak usia 2-3 tahun juga sudah bisa di ajarkan menggunakan masker.
  • Jika Dads ingin meroko sebaiknya di luar ruangan jauh dari tempat aktifitas Moms dan Si Kecil.
  • Moms dan Dads juga bisa berbicara baik baik pada orang yang sedang merokok di dekat Moms dan Si Kecil. Bilang jika berbahaya untuk Si Kecil dan kurang nyaman.

Oke Moms Dads! semoga penjelasan di atas bermanfaat dan menjadi pengingat juga jika rokok sangat berbahaya bagi Si Kecil. Sehingga Moms dan Dads akan lebih waspada lagi untuk menjaga Si Kecil.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Pantangan Ibu Hamil

Memang sebagian orang merasa mendapatkan kesenangan dari merokok, tapi jangan biarkan kesenangan tersebut justru membahayakan keluarga tercinta di rumah yang terpapar asap rokok apalagi Si Kecil ya, Dads & Moms!

Category:
Anak Bayi Ibu Keluarga

Leave a Comment