Ini Dia Penyebab Perut Kembung Saat Hamil, Bun

perut kembung saat hamil

Ini Dia Penyebab Perut Kembung Saat Hamil, Bun

Tubuh Bunda pastinya mengalami banyak perubahan ketika hamil. Dan salah satu yang Bunda rasakan adalah perut kembung saat hamil. Makin meningkat usia kandungan Bunda, Bunda mungkin akan tambah merasakan perut kembung.

Perut kembung adalah kondisi ketika perut Bunda merasa penuh dan kencang. Keadaan ini membuat Bunda merasa tidak nyaman, terlebih buat Bunda yang sedang hamil. Bunda mungkin merasakan perut kembung jadi lebih sering ketika sudah memasuki usia kehamilan minggu ke-29.

Apa penyebab perut kembung saat hamil?

Rasa kembung yang Bunda rasakan disebabkan oleh banyaknya gas pada sistem pencernaan yang membuat Bunda lebih sering buang gas dan merasa kram perut. Rata-rata orang buang gas sebanyak 14-40 kali dalam sehari.

Kembung pada perut Bunda yang sedang hamil disebabkan oleh bayi di dalam rahim yang makin berkembang dan menekan perut Bunda. Hal ini juga akan menyebabkan pencernaan melambat. Selain karena tekanan Si Kecil dalam rahim, gas juga disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan atau hormon progesteron. Hormon ini akan memberikan efek relaksasi pada otot termasuk juga pada otot saluran pencernaan sehingga pencernaan pun bekerja lebih lambat.

Gas yang berlebih juga dapat masuk ke dalam pencernaan dan menyebabkan perut kembung saat hamil. Gas itu akan muncul ketika bakteri dalam usus besar mengolah sisa makanan yang lebih selesai dicerna oleh sistem pencernaan Bunda.

Tips cara mengatasi rasa kembung saat hamil

Meski ada beberapa hal yang tidak dapat Bunda cegah seperti hormon dan pertumbuhan Si Kecil dalam rahim tapi Bunda dapat menghindari makanan yang memicu timbulnya gas. Makanan tersebut adalah kubis, kembang kol, brokoli, kacang-kacangan, makanan yang mengandung lemak, goreng-gorengan, bawang bombay, serta minuman bersoda.

Dan tips untuk Bunda mengatasi rasa kembung saat hamil adalah:

  1. Makan dengan porsi kecil

Bunda bisa mencoba untuk makan dengan porsi yang sedikit. Makan dengan porsi banyak sekaligus apalagi saat perut Bunda kosong dapat berpotensi memperarah perut kembung karena makanan yang banyak butuh banyak waktu untuk dicerna.

  1. Rutin berolahraga saat hamil

Selain membuat stamina tubuh Bunda terjaga, ternyata rutin berolahraga saat hamil juga dapat melancarkan pencernaan sehingga perut kembung juga dapat teratasi. Bunda tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Bunda bisa melakukan olahraga seperti jalan dengan santai atau mengambil kelas yoga untuk ibu hamil.

  1. Berhenti merokok dan minum alkohol

Kandungan dalam rokok dan juga alkohol tidak baik untuk pencernaan karena dapat meningkatkan keasaman lambung. Selain tidak baik bagi Bunda dan Si Kecil dalam rahim, maka sebaiknya berhenti merokok dan juga minum minuman beralkohol ketika hamil ya, Bun!

 

Bunda bisa melakukan beberapa tips di atas agar perut kembung saat hamil dapat teratasi. Jika perut Bunda yang kembung terasa semakin mengganggu apalagi Bunda juga mengalami diare berat atau sembeli, Bunda harus segera menemui dokter kandungan ya! –MR

No Comments

Post A Comment