Pentingnya Kualitas Tidur Bayi Buat Tumbuh Kembangnya

kasur bayi yang nyaman

Pentingnya Kualitas Tidur Bayi Buat Tumbuh Kembangnya

Si Kecil membutuhkan tidur sama dengan saat mereka membutuhkan makan, minum, rasa aman, dan bermain. Artinya penting banget! Sebab Si Kecil membutuhkan kualitas tidur bayi agar tubuhnya beristirahat dan menjadi segar saat bangun karena ia sudah mendapatkan energi yang baru.

Kualitas tidur bayi mencakup kebutuhan tidur nyenyak dan juga lamanya Si Kecil tidur. Jumlah waktu tidur Si Kecil pun berbeda-beda sesuai usianya. Simak kebutuhan lama tidur bayi berikut ini:

  • Bayi baru lahir hingga usia 3 bulan disarankan untuk tidur sebanyak 14 – 17 jam dalam sehari
  • Bayi 4 sampai dengan 11 bulan disarankan tidur sebanyak 12 – 15 jam dalam sehari
  • Batita usia 1 sampai 2 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 11 – 14 jam dalam sehari
  • Balita usia 3 sampai 5 tahun disarankan untuk tidur sebanyak 10 – 13 jam dalam sehari

Tips agar Si Kecil tidur berkualitas

Ada beberapa cara yang bisa Bunda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidurnya!

  1. Hindari kopi atau minuman berfakein jika Bunda menyusui

Terlalu banyak mengonsumsi kafein akan memperburuk kualitas tidur Bunda dan Si Kecil. Meski tidak mendapat kafein secara langsung, tanpa sadar Si Kecil tetap mendapatkan kandungan kafein dari ASI yang dikonsumsi dari Bunda. Karenanya perhatikan asupan kopi Bunda ya.

  1. Buat kondisi yang nyaman di kamar Si Kecil

Usahakan kamar memiliki temperatur yang nyaman buat Si Kecil, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Selain itu kualitas lampu yang tetap rendah juga memengaruhi kualitas tidur Si Kecil sehingga usahakan tetap rendah ya, Bun.

Sediakan juga kasur bayi yang nyaman yang tidak akan membuatnya gerah, seperti Omiland Kasur Bayi Dakron Sloth Series. Bahannya menggunakan bahan berkualitas yang nyaman dan tidak membuat Si Kecil gerah. Ketebalannya pas sehingga menghindarkan Si Kecil dari SIDS atau sindrom bayi meninggal mendadak.

Kelambu juga bisa menghalangi sinar lampu dan membuat Si Kecil menjadi mengantuk. Omiland Kasur Dakron Sloth Series juga dilengkapi dengan kelambu yang bisa dilepas pasang, lho!

  1. Membawa Si Kecil tidur dekat dengan Bunda dan Ayah

Secara psikologis, Si Kecil ingin berada dekat dengan Bunda. Karenanya baik buat Si Kecil tidur berada di dekat Bunda di enal bulan pertamanya. Menurut beberapa ahli, tidur dekat dengan Si Kecil akan membuatnya dapat mengatur pernapasa, suhu tubuh, hingga reaksi pusat syaraf.

  1. Menggunakan white noises

White noises adalah suara konstan yang menenangkan seperti suara kipas angin, pendingin udara, dan lainnya. Sekarang ini, white noise tersedia dalam aplikasi ponsel pintar sehingga Bunda enggak perlu menggunakan alat yang sebenarnya ya!

  1. Mengatur rutinitas sebelum tidur yang konsisten

Ternyata otak Si Kecil mampu menyimpan urutan rutinitas yang Bunda lakukan sehari-hari. Karenanya membentuk rutinitas sebelum tidur dapat membuatnya belajar untuk memiliki pola tidur yang tetap sehingga kualitas tidurnya dapat meningkat. Bunda bisa coba rutinitas dengan memandikannya, memberinya minyak telon, lalu memijatnya ringan sebelum menaruhnya di kasurnya.

 

Nah, inilah beberapa hal yang bisa meningkatkan kualitas tidur bayi. Selamat mencoba ya, Bunda! Bila Bunda ingin membeli perlengkapan tidur untuk Si Kecil, Bunda bisa memilih produk Omiland dengan kualitas yang terjamin dan motif yang lucu!

Dapatkan juga potongan harga dan promo menarik lainnya hanya di Official Store Omiland di e-commerce favorit Bunda.

No Comments

Post A Comment