Jangan Menaikkan Berat Badan Si Kecil Setelah Lahir, Tapi …

artikel

Berat badan Omilove mulai naik seiring dengan berkembangnya Si Kecil dalam kandungan? Jangan panik dulu ya.. Karena Omilove juga dapat menaikkan berat badan Si Kecil sejak dalam kandungan.

Secara umum, ibu hamil sebaiknya mengalami kenaikan berat badan sekitar 1 – 2 kg pada tiga bulan pertama masa kehamilan. Lalu pada trimester kedua dan ketiga, ibu hamil akan naik berat badan sekitar setengah kilogram per minggunya.

Berat badan Si Kecil dalam kandungan tentunya tak kalah penting dengan perkembangan berat badannya selepas dilahirkan. Berat badan bayi dalam kandungan yang sesuai usianya menunjukkan bahwa Si Kecil tidak mengalami masalah kesehatan.

Bila berat badan bayi dalamkandungan dinyatakan kurang atau tidak sesuai dengan usianya oleh dokter kandungan, maka biasanya dokter akan meminta Omilove untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Selain makanan, ada juga aktivitas lainnya yang bisa membantu Omilove menambah berat badan.

Baca Juga: Cara Adzan Untuk Bayi Baru Lahir

Cara menambah berat badan bayi dalam kandungan

  • Menyeimbangkan asupan gizi

Asupan gizi seimbang menjadi hal penting dalam menambah berat badan janin. Omilove perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, lemak, dan juga vitamin. Vitamin bisa didapat dari buah dan sayur. Mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi pun harus secara seimbang dan teratur.

Untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang seimbang, Omilove bisa mengonsumsi makanan seperti: susu, yoghurt, kedelai, ayam, ikan, brokologi, wortel, jeruk, almon, apricot, ara, dan juga kenari.

  • Konsumsi vitamin prenatal

Biasanya dokter kandungan akan menyarankan untuk Omilove mengonsumsi vitamin. Vitamin prenatal adalah kombinasi dari vitamin dan mineral yang Omilove butuhkan sebelum, selama, dan setelah masa kehamilan. Fungsi dari vitamin ini adalah menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang banyak terdapat dalam suplemen kehamilan. Omilove bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi vitamin prenatal.

  • Istirahat yang cukup 

Istirahat Omilove yang cukup juga dapat menjadi cara buat menambah berat badan bayi dalam kandungan. Terlalu banyak beraktivitas akan menguras banyak tenaga serta dapat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin.

Omilove yang sedang hamil perlu mengambil waktu 8 jam dalam sehari untuk beristirahat agar tubuh mendapat cukup energi.

  • Menghindari stres

Omilove yang baru pertama kali hamil tentu khawatir tentang banyak hal khususnya soal kehamilan Omilove sendiri. Tapi ingat untuk mengelola stres ya, Omilove! Karena emosi yang tak terkontrol dapat membuat hormon dalam tubuh Omilove naik turun.

  • Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan tembakau

Zat – zat yang terdapat dalam kafein, alkohol, dan tembakau juga obat – obatan yang tidak tepat berpotensi memiliki efek berbahaya pada kesehatan Omilove dan juga Si Kecil dalam kandungan.

Baca Juga: Si Kecil Suka Bangun Malam Hari? Ini Penyebabnya

Wah, ternyata fokus Menaikkan Berat Badan Si Kecil untuk memantau tumbuh kembangnya enggak hanya dilakukan setelah Si Kecil lahir. Tapi dimulai sejak Si Kecil dalam kandungan ya, Omilove! –MR

Category:
Ibu

2 People reacted on this

Leave a Comment