Si Kecil Suka Bangun Malam Hari? Ini Penyebabnya

artikel

Ketika Omilove baru melahirkan Si Kecil maka Omilove akan menghadapi tantangan baru seperti merawat Si Kecil dan juga begadang. Tapi tahukah Omilove bahwa terdapat penyebab Si Kecil suka bangun malam hari. Normalnya bayi akan tidur lebih lama di malam hari dan terjaga saat siang.

Baca Juga: Tentang Baby Blues Yang Omilove Harus Tahu

Penyebab Si Kecil bangun malam hari

Omilove, ada beberapa penyebab mengapa Si Kecil terbangun di malam hari. Di antaranya:

Siklus tidur belum teratur

Penyebab bayi bangun malam hari adalah karena siklus tidurnya yang belum teratur. Si Kecil yang baru lahir belum dapat membedakan kapan siang dan juga malam hari. Sehingga ia akan sering bangun di malam hari tanpa alasan dan tidur ketika pagi hari.

Untuk mengatasinya, Omilove bisa melakukan sleep training pada Si Kecil. Dimulai dengan melakukan rutinitas sebelum tidur. Seperti membuat kondisi kamarnya redup, memasang kelambu, juga menyanyikan lagu nina bobo.

Popok penuh

Si Kecil dengan popok penuh juga kasur yang basah karena buang air kecil tentu akan merasa tidak nyaman hingga terbangun di malam hari. Karena itu penting buat Omilove melakukan pengecekan popok Si Kecil secara berkala. Khususnya bila Si Kecil mengonsumsi susu dalam jarak waktu 2 -3 jam sekali.

Lapar

Lapar pada Si Kecil dapat membuatnya terbangun bahkan menangis di malam hari. Jika lapar Si Kecil masih ringan, ia akan terbangun dan menunjukkan tanda lainnya. Misalnya dengan mengisap tangannya atau meraih payudara.

Si Kecil yang mengonsumsi ASI ekslusif akan lebih mudah merasa lapar dibandingkan dengan bayi yang minum susu formula. Sebab ASI lebih mudah Si Kecil cerna dan lambungnya pun lebih cepat dan ingin “diisi” kembali.

Untuk mengatasi rasa lapar Si Kecil, Omilove harus mencatat kebiasaan makan Si Kecil di malam hari. Tujuannya agar Omilove dapat memberikan ASI atau susu sebelum Si Kecil mulai bangun dari tidurnya karena lapar.

Baca Juga: Gagal Ginjal Akut, Ikuti Tips Pencegahannya!

Kedinginan

Si Kecil yang kedinginan akan merasa tidak nyaman sehingga terbangun. Ia bahkan sulit kembali untuk tidur. Karenanya Omilove harus menyesuaikan suhu ruangan dengan suhu tubuh Si Kecil. Omilove bisa memberinya Bedong atau Selimut Bayi dari Omiland untuk menjaga Si Kecil tetap hangat tanpa kegerahan. Karena Bedong dan juga Selimut Bayi dari Omiland menggunakan material berkualitas dan menjadikannya lembut dan berdaya serap tinggi.

Sakit

Jika Si Kecil suka bangun dan rewel di malam hari maka penyebab bayi bangun malam hari yang perlu Omilove curigai adalah sakit. Omilove harus mengecek apakah Si Kecil sedang mengalami demam, tumbuh gigi, atau lainnya.

Ternyata ada beberapa penyebab yang membuat Si Kecil terbangun dari tidurnya, nih. Jika Omilove masih bingung, Omilove bisa berdiskusi dengan dokter anak Si Kecil ya! Penting untuk mengetahui kesehatan Si Kecil lewat kebiasaan tidurnya. Sebab tidur untuk Si Kecil sangat penting dan menunjang tumbuh kembangnya. -MR

Category:
Bayi

1 people reacted on this

Leave a Comment