Kenali Manfaat Kurma Buat Ibu Menyusui Saat Berpuasa

Selain menjadi sumber energi, vitamin, dan juga mineral, kurma punya manfaat kurma juga untuk ibu menyusui saat berpuasa. Terbatasnya waktu makan ketika berpuasa memang membuat asupan energi, nutrisi, dan juga cairan Bunda yang menyusui jadi berkurang.

Bunda memang bisa mengganti puasa di hari lain karena tidak wajib buat Bunda yang menyusui untuk berpuasa. Namun bila Bunda tetap ingin menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, maka Bunda sangat perlu memastikan nutrisi makanan yang Bunda konsumsi.

Salah satu makanan yang selalu ada saat bulan Ramadan adalah kurma. Tak hanya menjadi makanan yang pas untuk menemani berbuka puasa, ternyata kurma juga punya banyak manfaat lho!

Manfaat kurma untuk ibu menyusui

Tahukan Bunda? Kalau kurma bisa menjadi booster ASI alami buat Bunda yang sedang menyusui. Karena kandungan nutrisinya yang melimpah! Manfaat kurma untuk ibu menyusui yang wajib Bunda ketahui adalah:

  • Tinggi karbohidrat dan serat

Kandungan karbohidrat dan serat tentunya sangat Bunda butuhkan apalagi saat menyusui. Karbohidrat penting sebagai sumber energi saat menyusui dan berpuasa. Menyusui juga memerlukan kalori yang besar.

Selain karbohidrat, kurma juga mengandung banyak serat. Kandungan serta dalam makanan berfungsi untuk menjada kesehatan pencernaan dan juga meringankan sembelit.

  • Merangsang produksi hormon ASI 

Kurma mengandung senyawa sterol yang tubuh Bunda butuhkan untuk memproduksi hormon-hormon seperti estrogen, progesteron, dan prolaktin. Hormon-hormon inilah memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan kelenjar payudara juga produksi ASI.

  • Sumber zat besi dan vitamin

Kadar zat besi yang rendah bisa menyebabkan penurunan produksi ASI, Bunda. Sebuah studi sudah membuktikannya. Kurma merupakan sumber zat besi yang bisa Bunda manfaatkan untuk asupan sehari-hari.

Kurma juga kaya akan vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan Bunda juga tumbuh kembang Si Kecil.

  • Sumber kalsium

Saat Bunda menyusui, Bunda akan kehilangan sekitar 3-5% kalsium dalam tulang. Karenanya penting banget buat Bunda memenuhi kebutuhan kalsium kira-kira 1.000 mg per hari. Selain kurma, Bunda juga bias mengonsumsi makanan sumber kalsium lainnya seperti bayam dan susu rendah lemak.

  • Mengandung banyak kalium dan magnesium

Selain kalsium, kurma juga tinggi akan magnesium dan kalium. Saat Bunda berpuasa, kadar zinc, magnesium, dan juga kalium dalam ASI jadi berkurang. Bunda bisa mengonsumsi 4-6 kurma berukuran besar dalam sehari. Dengan beigtu, Bunda bisa memenuhi 15-20% kebutuhan kalium dan magnesium harian Bunda.

Kurma memang banyak manfaatnya nih buat ibu menyusui. Tapi ingat buat mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup ya, Bunda. Sesuaikan juga dengan pola hidup sehat juga lakukan aktivitas fisik sesuai kemampuan. Ingat pula untuk istirahat ya, Bunda! –MR

Category:
Ibu

Leave a Comment