Yuk Ajari Si Kecil Sikap Nasionalisme Sejak Dini, Bun!

menanamkan sikap nasionalisme

Yuk Ajari Si Kecil Sikap Nasionalisme Sejak Dini, Bun!

Indonesia sudah genap berusia 76 tahun sejak merdeka, Bunda. Kini saatnya kita ajarkan Si Kecil untuk terus mencintai bangsa Indonesia. Dimulai dengan menanamkan sikap nasionalisme sejak dini! Penanaman sikap nasionalisme ini harus memang harus dilakukan sejak dini yakni ketika Si Kecil sedang membentuk karakternya.

Peran Bunda dan Ayah tentu sangat dibutuhkan sebagai lingkungan terdekat sebelum Si Kecil mengenal kelompok masyarakat lainnya. Si Kecil akan membentuk cara pandangnya terhadap bangsanya dan bagaimana ia bersikap.

Simak tips-tips menanamkan sikap nasionalisme pada Si Kecil ini yuuuk!

  1. Memperkenalkan keragaman budaya Indonesia

Seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia memiliki beragam warisan budaya dan sangat kaya adat istiadatnya. Bunda bisa mulai memperkenalkan Si Kecil dengan bahasa daerah Bunda berasal, lagu daerahnya, makanan khas, atau bercerita tentang dongeng atau cerita rakyat setempat. Dengan bercerita juga Bunda bisa sekaligus mengasah kemampuan berbahasa serta mengajarkannya nilai-nilai yang biasanya terkandung dalam makna cerita.

  1. Memperkenalkan sejarah Indonesia

Indonesia memiliki sejarah yang selalu seru untuk diceritakan. Kisah pahlawan nasional misalnya, dapat mengajarkan Si Kecil tentang perjuangan dan pengorbanan sebagai sikap nasionalisme akan Indonesia. Tidak perlu khawatir Si Kecil tidak terlalu paham ya, Bunda. Karenanya Bunda bisa mulai dengan kisah yang ringan.

  1. Ajari Si Kecil menggunakan produk dalam negeri

Libatkan Si Kecil saat memilih barang miliknya dan perkenalkan pula negara mana yang membuatnya. Dengan menggunakan produk hasil karaya Indonesia, Bunda dapat mengajarkan Si Kecil untuk memiliki rasa cinta tanah air.

Seperti batik! Bunda bisa memperkenalkan bahwa batik sudah ada sejak dahulu dan corak lukisnya digambar menggunakan canting. Lalu ajak Si Kecil dan sekeluarga menggunakan batik. Atau menggunakan Omiland yang juga merupakan karya anak bangsa. Hihi.

  1. Memperkenalkan permainan tradisional

Bunda bisa memperkenalkan permainan tradisional seperti layangan, kelereng, bola bekel, atau ular naga. Si Kecil yang masih bayi bisa Bunda ajak melihat lewat TV atau tetangga yang usianya lebih besar. Lalu Bunda bisa menceritakan pengalaman Bunda dahulu memainkannya. Sehingga saat ia sudah sedikit lebih besar, Si Kecil sudah familiar dengan permainan tradisional.

  1. Mendidik Si Kecil untuk menghargai perbedaan

Kita berada di negara Indonesia, negeri dengan beragam budaya, agama, dan juga ras. Ajarkan Si Kecil untuk selalu menghargai orang-orang yang berbeda dengannya seperti berbeda kebiasaan, kebiasaan beragama, atau berbeda warna kulit. Sikap menghargai perbedaan ini dapat Bunda tanamkan sejak Si Kecil mulai bermain dengan temannya. Agar ia tidak mengucilkan orang yang berbeda etnis, agama, atau latar belakang yang berbeda saat ia bertemu dengan teman bermain sebayanya.

Nah, semoga tips-tips ini berguna buat Si Kecil di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76 yaaa!

No Comments

Post A Comment