Tips Mengatasi Pegal Saat Bunda Menyusui

mengatasi pegal saat menyusui

Tips Mengatasi Pegal Saat Bunda Menyusui

Bunda, pemberian ASI ekslusif di masa 6 bulan pertama sangat penting buat pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil yang optimal. Namun dalam pemberiannya nih kadang Bunda suka merasa pegal. Kenapa ya? Bunda harus tahu nih cara mengatasi pegal saat menyusui.

Momen menyusui selalu tak terlupakan ya, Bunda. Karena momen menyusui jadi momen buat Bunda mendekatkan diri atau membangun bonding dengan Si Kecil lewat tatapan, kontak kulit ke kulit, apalagi bila Si Kecil tersenyum saat melihat wajah Bunda.

Bunda tentu tahu kalau ASI merupakan nutrisi utama Si Kecil terutama di masa 6 bulan pertama kehidupannya. Sehingga menyusui bisa jadi berjam-jam dan membuat Bunda pegal. Pegal saat menyusui bisa terjadi karena Bunda kekurangan energi setelah menyusui, kelelahan karena kurang tidur, dan juga anemia. Pegal juga bisa terjadi karena Si Kecil ingin terus digendong, bahkan bisa semalaman suntuk.

Cara mengatasi pegal saat menyusui

  1. Membetulkan posisi saat menyusui

Posisi menyusui yang salah juga selain membuat produksi ASI sedikit, juga bisa membuat Bunda pegal. Pastikan Si Kecil memiliki tanda-tanda berikut jika posisi menyusui sudah benar:

  • Seluruh bagian putting dan hampir semua areola Bunda sudah masuk mulut Si Kecil.
  • Bibir atas dan juga bawah Si Kecil terbuka lebar dan dagu menempel pada payudara Bunda.
  • Tidak terasa nyeri saat menyusui.
  • Tidak ada suara bunyi mengisap atau berdecak. Yang terdengar adalah suara meneguk.
  • Bayi merasa kenyang ditandai dengan Si Kecil tampak tenang, jemarinya terbuka, dan langsung tertidur.
  1. Duduk dengan nyaman

Posisi duduk Bunda juga menentukan lho! Pastikan punggung tetap tegak dan bertumpu pada sesuatu yang empuk. Bunda mungkin cenderung menekuk punggung ke samping agar payudara bisa mendekati mulut Si Kecil. Untuk mengatasinya, Bunda bisa menggunakan Bantal Menyusui Sailor Series terbaru dari Omiland!

Dibuat dengan poliester membuat Bantal Menyusui Sailor Series lentur, nyaman, dan mudah kering saat perlu dicuci. Memiliki ketebalan yang sehingga Bantal Menyusui akan membawa Si Kecil dekat dengan tubuh Bunda. Jadi akan lebih mudah buat Bunda menegakkan tubuh dan mengurangi risiko pegal saat menyusui.

  1. Jangan ragu untuk meminta bantuan

Tips mengatasi pegal saat menyusui adalah jangan ragu untuk meminta bantuan. Ingat bahwa Bunda juga memiliki keterbatasan dan bisa merasa lelah jika segalanya Bunda lakukan sendiri. Minta bantuan Ayah untuk menjaga Si Kecil sesekali atau minta tolong meminta bantuan untuk memijat Bunda saat kelelahan.

  1. Melakukan peregangan sebelum menyusui

Pegal bisa saja disebabkan karena tubuh Bunda terlalu kaku karena berada pada posisi yang sama dalam waktu yang lama. Bunda bisa lakukan peregangan sederhana dengan berdiri kemudian rentangkan tangan ke atas secara perlahan sambil berjinjit. Lalu lakukan gerakan yang sama tapi arahkan tangan ke arah kanan, kiri, dan juga depan. Ketika melakukan gerakan ini ke depan, usahakan agar tubuh Bunda menunduk.

  1. Relaksasi

Meski pekerjaan terasa menumpuk ketika Bunda menjadi ibu tapi tetap usahakan untuk melakukan “me time” ya, Bunda. Karena dengan berhenti sejenak dari rutinitas, Bunda akan mendapatkan energi positif kembali dan menghindarkan Bunda dari stres. Stres dapat mengurangi produksi ASI lho!

 

Untuk pembelian Bantal Menyusui Sailor Series terbaru dari Omiland, Bunda bisa dapatkan di toko-toko perlengkapan bayi terdekat atau Official Store Omiland di marketplace favorit Bunda.

No Comments

Post A Comment