Tips Cara Menggendong Si Kecil Sesuai Usianya

Menggendong Si Kecil saat baru lahir kadang jadi menantang. Terlebih Bunda baru saja melahirkan anak pertama. Bunda akan merasa gugup karena baru melihat Si Kecil yang tubuhnya begitu mungil dan terasa rentan. Penting sekali buat Bunda tahu soal cara menggendong bayi sesuai usia.

Pasalnya dengan cara menggendong bayi yang sesuai usia juga dapat memudahkan Bunda dalam beraktivitas bersama Si Kecil. Seperti menggendong saat Si Kecil harus bersendawa atau menggendong saat Si Kecil sudah penasaran dengan dunia luat.

Cara menggendong bayi sesuai usia

  • Bayi usia lahir hingga usia 2 bulan

Saat Si Kecil baru lahir hingga usianya mencapai 2 bulan, Si Kecil belum bisa menopang leher dan kepalanya sendiri. Ototnya belum cukup kuat sehingga cara menggendong Si Kecil di usia ini sangat perlu Bunda perhatikan.

Bunda bisa menggendongnya dengan cara membungkukkan badan dan selipkan tangan Bunda di antara kepala dan juga leher Si Kecil. Lalu posisi tangan Bunda yang lain di antara punggung dan bokong Si Kecil.

Kemudian angkat Si Kecil perlahan dan letakkan di dada. Bunda juga bisa meletakkan Si kecil dalam posisi tegak dengan mengangkatnya secara perlahan kemudian letakkan pada bahu dengan posisi tengkurap. Topang kepala Si Kecil dengan tangan lainnya dan satu tangan lain untuk menopang tubuh bagian bawahnya.

  • Usia 3-6 bulan

Pada uisa 3-6 bulan, Si Kecil sudah bisa mengangkat kepalanya. Bunda dapat mencoba mengangkatnya dengan posisi duduk menghadap depan. Namun pastikan Bunda tetap menopang kepala Si kecil dengan tangan atau menyandarkannya pada bahu. Saat usianya mencapai 6 bulan, ia sudah bisa digendong menggunakan gendongan.

  • Bayi usia 7 bulan lebih

Ketika usia Si Kecil mencapai 7 bulan lebih, ia sudah bisa mengangkat bahu dan kepalanya sendiri. Pada usia ini, Bunda bisa menggendongnya dengan menopang panggul atau badan Si Kecil dengan satu tangan.

Si Kecil sudah dapat duduk dan kepalanya juga tegak saat digendong. Selalu pastikan Bunda tetap mengawasinya saat dalam gendongan ya!

Cara menggendong bayi saat mandi

Selanjutnya, berbeda degan cara menggendong bayi sesuai usia baru lahir. Ada cara menggendong yang berbeda untuk Si Kecil yang baru lahri saat mandi. Yaitu:

  • Letakkan satu tangan di punggung dan bahu Si Kecil. Sedang tangan lainnya di bawah saat menurunkan bayi ke dalam tempat mandi.
  • Setelah Si Kecil sudah berada dalam bak mandi, gunakan tangan Bunda yang menopang bagian bawah untuk memandikan Si Kecil.
  • Sementara tangan yang lain untuk menopang kepala dan jaga Si Kecil agar tetap ada di permukaan air.

Semua cara menggendong bayi sesuai usianya dapat Bunda lakukan dengan mudah. Ingat untuk selalu tenangn dan percaya diri saat menggendong agar Si Kecil tetap nyaman dan tenang sepanjang waktu! –MR 

Category:
Bayi Ibu

Leave a Comment