Tips Agar Si Kecil Mudah Tidur Malam

Tips Agar Si Kecil Mudah Tidur Malam

Malam semakin larut, tapi balita Anda belum kunjung tidur? Padahal anak yang kurang tidur bisa mengalami perasaan yang tidak nyaman. Coba cara berikut agar si kecil cepat tidur:

  1. Setelah si kecil selesai makan malam, mandikan atau seka dengan air hangat lalu pakaikan piyama kesayangannya agar tidur lebih nyaman.
  2. Lakukan rutinitas pengantar tidur seperti membacakan dongeng atau cerita yang membuat anak relaks. Jangan lakukan aktivitas berat lagi seperti bermain lari-larian atau berlompatan diatas tempat tidur. Rutinitas ini bisa dilakukan 1 jam sebelum tidur, agar ketika waktu tidur tiba, anak sudah dalam keadaan mengantuk dan bisa segera tidur.
  3. Ciptakan suasana yang mendukung kenyamanan tidur anak, misalnya bagi anak yang tidak suka gelap, lengkapi kamar tidurnya dengan lampu tidur yang redup, diletakkan di samping tempat tidurnya. Juga sediakan selimut dengan gambar kartun kesayangan si kecil.
  4. Rasa aman juga bisa menjadi salah satu yang membantu anak bisa cepat tidur. Karena itu pastikan tidak ada yang menjadikan si kecil takut menjelang tidur. Misalnya ketika menjelang tidur, jika anak merasa ada sesuatu di jendela yang membuatnya takut, maka yang harus dilakukan adalah menghidupkan lampu kamar dan membawa anak ke jendela untuk memastikan tidak ada apapun yang mengganggu seperti yang dikuatirkan.
  5. Hindari hal-hal yang bisa membuat anak kehilangan rasa kantuk, seperti menghidupkan televisi menjelang waktu tidur karena cahaya dari layar televisi dapat mengusir mood tidur anak.

Jika tips ini dilakukan secara rutin maka akan membuat anak mengenali waktu tidurnya, sehingga anak bisa tidur lebih mudah dan sesuai waktu.

 

Yuk moms baca artikel yang lainnya 7 Tips Mendidik Anak Tanpa Pukulan semenjak Bayi

No Comments

Post A Comment