5 Kesalahan Orangtua yang Sebabkan Anak Sakit

5 Kesalahan Orangtua yang Sebabkan Anak Sakit

Ketika Omifams membesarkan Si Kecil, kadang ada waktu ketika Omifams melakukan kesalahan. Kesalahan tersebut termasuk orangtua sebabkan anak sakit. Padahal Omifams merasa telah memberikan yang terbaik untuk Si Kecil.

Jangan berkecil hati dulu. Menjadi orangtua adalah proses belajar. Tak ada orangtua yang langsung paham juga, kok! Yuk simak apa saja kebiasaan orangtua yang jadi salah sehingga menyebabkan Si Kecil sakit!

 

1. Membuat rumah menjadi terlalu bersih

Rumah tidak perlu memiliki standar kebersihan seperti yang di rumah sakit. Karena ketika rumah memiliki standar kebersihan layaknya rumah sakit, yang terjadi malah Si Kecil menjadi kurang memiliki pengalaman bersentuhan dengan virus maupun bakteri. Akibatnya tubuhnya tidak membentuk antibodi ketika ia harus terpapar virus di luar rumah.

2. Tidak membuka jendela

Mungkin rumah Omifams berada di dekat jalan raya sehingga menutup jendela agar debu tidak masuk. Namun hal itu justru menyebabkan anak jadi mudah sakit ketika terpapar udara bebas. Karena itu, supaya anak jadi tidak mudah sakit, lebih baik Bunda rutin membuka jendela setiap harinya.

3. Khawatir saat cuci piring dengan tangan

 

Menurut Dokter Jack Gilbert, terpapar bakteri saat mencuci piring itu bagus untuk menguji daya tahan tubuh anak. Jadi, Bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan saat cuci piring dengan tangan. Bunda hanya perlu mengawasinya jika Si Kecil mencuci piring yang terbuat dari kaca agar tidak melukainya.

4. Berlebihan menggunakan produk anti bakteri

Kesalahan yang sebabkan anak sakit selanjutnya adalah berlebihan menggunakan produk anti bakteri, baik yang dikonsumsi maupun lingkungan sekitar. Ketika Bunda sering menggunakan produk anti bakteri, tak hanya menyebabkan pengeluaran semakin besar, namun juga menyebabkan pertahanan kita terhadap bakteri justru melemah.

5. Takut menerapkan prinsip ‘belum 5 menit’

Kesalahan yang sebabkan anak sakit yang terakhir adalah takut menerapkan prinsip ‘belum 5 menit’! Jangan salah, bukannya tidak memberi Si Kecil gizi seimbang loh. Sebenarnya, bakteri dan kuman memang butuh beberapa waktu untuk bisa benar-benar menempel pada makanan. Jadi, jangan khawatir ya Bun, untuk menerapkan prinsip ‘belum 5 menit’ ketika ada makanan yang jatuh.

 

Pada prinsipnya adalah ketika Bunda terlalu berlebihan, maka akan ada efek samping yang tidak baik. Termasuk ketika menjaga kebersihan yang berlebih untuk Si Kecil. Tubuh Si Kecil dilengkapi dengan sel-sel yang bisa melindungi diri. Jadi jangan terlalu khawatir ya, Omifams!

No Comments

Post A Comment